Getaran Misterius di Batam Sempat Terdeteksi BMKG Tanjungpandan

Getaran Misterius di Batam Sempat Terdeteksi BMKG Tanjungpandan

Pulau Batam (Foto: net)

Batam - Getaran misterius yang terjadi di Batam merupakan kali keempat yang terjadi sejak akhir 2017 hingga pertengahan 2018. Belum diketahui sumber getaran secara scientific.

Kendati demikian, Kasi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Batam, Suratman mengatakan getaran itu sempat terdeteksi oleh alat BMKG yang ada di Tanjungpandan, Bangka.

"Di Tanjungpandan sempat terdeteksi. Tapi terlalu lemah dan banyak noise (keberisikan). Belum dipastikan apakah itu gempa atau tidak," ujar Suratman, Rabu (11/7/2018).

Pihaknya berencana mendatangkan alat dari Jakarta untuk menyelidiki sumber getaran misterius ini. "Kami masih nunggu surat dari Pemko, kalau ada surat permintaan kami bisa menindaklanjuti hal ini ke BMKG pusat," ungkapnya.

Ia menyebutkan banyak kemungkinan yang bisa terjadi. "Getaran seperti itu bisa akibat pergeseran lempengan dasar laut, atau aktivitas lainnya di dasar laut seperti bom atau dinamit dan lain-lain. Tapi daripada kita menduga-duga lebih baik kita menunggu ahli untuk menyelidiki hal ini," kata dia

Menurutnya Pemko Batam yang punya otoritas untuk menindaklanjuti hal ini. "Ya supaya masyarakat tidak resah, pemko pastinya lebih care. Kami masih nunggu surat itu, untuk meminta pusat," ujarnya

(ude)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews