Menyakitkan, Ini Yang Terjadi Saat Tubuh Manusia Terbakar

Menyakitkan, Ini Yang Terjadi Saat Tubuh Manusia Terbakar

Ilustrasi tubuh saat terbakar (Foto: Istimewa)

Batam - Seseorang meninggal dunia dengan cara dibakar atau terbakar dalam insiden kebakaran tempak mengenaskan. Tubuh mengelupas, melepuh, bahkan hangus dan tidak bisa dikenali. 

Lantas, terbakarnya tubuh manusia dalam kondisi hidup. Apa yang terjadi pada tubuh saat terbakar.

Hal ini disampaikan oleh Acting Director UC Irvine Regional Burn Center bernama Nicole Bernal. Tubuh terbakar sangatlah menyakitkan. Membakar kulit hingga saraf, serta dapat menghanguskan.

“Seperti yang bisa kamu bayangkan, hal tersebut amatlah menyakitkan. Kulit orang tersebut akan terbakar,” ujarnya.

Terlebih lagi, lanjutnya, saat api membakar pakaian. Di sini, rasa panas yang tercipta akan semakin meningkat dan semakin dalam pula luka bakar tersebut.

Dan ketika api semakin besar, bukan hanya kulit yang terbakar melainkan juga saraf.

Jika saraf sudah ikut terbakar maka otomatis orang tersebut sudah tak lagi memiliki sensasi terbakar alias mati rasa pada bagian tersebut.

Jikalau pun bisa selamat dari insiden ini, orang tersebut perlu melakukan amputasi ekstrem pada bagian tubuhnya. Itu pun tidak sepenuhnya bisa menyelamat nyawanya." tergantung dari seberapa parah luka bakar yang dialaminya," kata dia, seperti dikutip dari Liputan6.com baru-baru ini.

Luka bakar kurang dari 80 persen, tubuh dengan usia dari 40 tahun, maka masih ada harapan untuk hidup. Namun sebaliknya, bila yang terbakar lebih dari 80 persen tubuh dengan usia tua, potensi hidup sangat kecil sekali.

Selain itu, potensi seseorang bisa hidup juga tergantung dari seberapa cepat dia mendapat penanganan medis luka bakar serta mendapat cairan.

“Jika hal tersebut tidak didapatkan bisa membuat kerja ginjal berhenti dan jantung berhenti (meninggal),” ujar Bernal.

(aHa)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews