Mengenal Sindrom Peter Pan, Pria Dewasa yang Kekanak-kanakan

Mengenal Sindrom Peter Pan, Pria Dewasa yang Kekanak-kanakan

Pria dengan sindrom Peter Pan bersikap tidak sesuai dengan usianya

Batam - Pria dewasa yang bersifat kekanak-kanakan hingga taraf tidak wajar disebut memiliki sindrom Peter Pan. 

Pria dengan sindrom Peter Pan bersikap tidak sesuai dengan usianya; cenderung tidak mandiri dan sangat kekanak-kanakan, sama seperti tokoh Peter Pan yang ada dalam cerita fiksi. Ada banyak sebutan untuk sindrom ini, seperti king baby atau little prince syndrome.

Sifat kekanak-kanakan tentu tidak hanya melulu dimiliki pria. Beberapa wanita dewasa juga mungkin kekanak-kanakan. 

Meski begitu, sindrom Peter Pan lebih banyak ditemukan pada pria karena pakar psikologi berpendapat bahwa laki-laki dewasa cenderung memiliki tanggung jawab yang lebih besar, seperti menjadi kepala rumah tangga atau mencari nafkah.

Faktor Penyebab

Cara Pandang diri dan Lingkungan

Faktor yang menyebabkan seseorang bisa memiliki sindrom Peter Pan adalah cara pandang yang salah terhadap diri dan lingkungan sekitarnya. 

Pola Asuh Orang tua

Dilansir dari Science Daily, umumnya, pola asuh orang tua yang terlalu protektif bisa menyebabkan anak tumbuh dewasa dengan sindrom ini. 

Mereka merasa bahwa tumbuh dewasa harus memikul tanggung jawab yang besar, harus bisa membuat komitmen dengan diri sendiri dan orang lain, dan menghadapi tantangan hidup yang lebih sulit.

Tidak Percaya Diri dan Tekanan Mental

Perasaan cemas, takut, tidak mampu, dan tidak percaya diri kemudian membuat mereka ingin melindungi diri dengan bersikap layaknya anak kecil. Tekanan mental berat inilah yang mungkin memicu rasa “ingin kabur dari tanggung jawab” dan membuat seseorang ingin kembali ke masa kanak-kanak yang tidak memiliki beban hidup.

Meski terkait dengan masalah psikologis, sindrom ini bukan termasuk diagnosis resmi gangguan mental, seperti depresi, gangguan bipolar, atau gangguan obsesif kompulsif.

Baca juga:

Pernah Diselingkuhi Amitabh Bachchan, Jaya Bhaduri Tetap Setia

5 Pemain Bola Tampan di Piala Dunia 2018

Reporter Korsel Dicium Suporter Rusia Saat Live

 

Tanda-tanda pria memiliki sindrom Peter Pan

Dilansir dari Psychology Today, Berit Brogaard D.M.Sci.Ph.D., dosen filsafat di Miami University, menjelaskan ada beberapa ciri khas yang menandakan seorang pria memiliki sindrom ini, yaitu:

Cenderung berperilaku seperti anak kecil, remaja, atau orang yang lebih muda dari usianya. Biasanya, orang dengan sindrom ini juga berteman dengan orang yang lebih muda.

Selalu bergantung pada orang lain dan merepotkan orang lain. Mengharapkan untuk selalu dilindungi dan dituruti semua permintaannya. Takut dan memiliki kekhawatiran yang berlebihan jika melakukan segala sesuatu sendiri.

Tidak bisa mempertahankan hubungan jangka panjang yang stabil, terutama percintaan. Sifatnya yang kekanakan kadang membuat pasangan menjadi tidak nyaman. 

Selain itu, orang dengan sindrom ini sulit untuk bersikap romantis dan memilih pasangan yang lebih muda.

Takut untuk berkomitmen atau menjanjikan suatu hal, baik itu dalam hubungan cinta atau pekerjaan.

Kurang bertanggung jawab dalam pekerjaan atau dalam mengelola keuangan. Selalu mengutamakan kepentingan pribadi, terutama untuk kepuasan dan kebaikan dirinya sendiri.

Tidak mau mengakui kesalahan dan melimpahkannya pada orang lain sehingga sulit untuk introspeksi diri.

Tidak semua pria dengan sindrom Peter Pan memiliki gejala yang sama, sehingga sulit diidentifikasi. Perlu pemeriksaan lebih lanjut, bukan hanya pada pasien saja, tapi juga orang-orang di sekitarnya. 

Sebab pasien sering kali tidak menyadari dan merasa seolah dirnya baik-baik saja. Perlu perawatan yang tepat untuk mengubah perilaku pasien dan orang-orang di sekitar pasien dalam menghadapinya.

artikel ini diterbitkan oleh halosehat.com

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews