PPDB 2018 di Batam

Aplikasi Online PPDB Batam Belum Efektif, Calon Siswa Masih Antre

Aplikasi Online PPDB Batam Belum Efektif, Calon Siswa Masih Antre

Proses PPDB di SMPN 10 Batam, Selasa (3/7/2018). (Foto: Yogi/Batamnews)

Batam - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Kota Batam tampak tidak efesien. Mulai dari warga yang tak paham, proses sistem online yang masih butuh aplikasi manual ke sekolah, hingga kelayakan sistem yang banyak mengalami error saat diakses pengguna

Bisa dikatakan, PPDB online tak berjalan sesuai semestinya. Hal ini tampak pada PPDB tingkat SLTP di sekolah bukan rujukan, Selasa (3/7/2018). Kendati sebenarnya PPDB ini bisa dilakukan online, antrean tetap terjadi dari subuh. 

Dari pantauan Batamnews.co.id, ratusan orang tua calon siswa baru berdatangan di SMPN 10 Batam sejak pagi. Lebih kurang 500 nomor antrean sudah dipegang orang tua siswa. Sampai siang ini baru 300 nomor antrian yang sudah berjalan. 

Terlihat beberapa orang tua calon siswa berdesakan untuk melakukan pendaftaran di teras SMP 10 tersebut. Antrian masih terjadi meskipun SMP menyediakan 3 loker pendaftaran ditambah lagi adanya sistem online. 

Salah seorang orang tua siswa Jhonson mengatakan, sudah datang sejak subuh, namun sampai siang ini masih belum di panggil. "Saya nomor 400 ini masih 200," ujarnya kepada Batamnews.co.id.

Ia tidak bisa melakukan sistem online karena tidak mengerti. "Online pun tetap kesekolah," katanya.

Begitu juga yang dikatakan Irma, malahan orang tua asal Medan ini tidak mengetahui adanya sistem online.  "Nggak tau," katanya. 

Namun ada beberap orang tua yang telah melakukan pendaftaran onlinen, tetapi harus tetap datang ke sekolah dan mengambil nomor antrian untuk mendapatkan print bukti pendaftaran online. 

Seperti yang dikatakan Bayu. Ia mengaku sudah mendaftar online tinggal menunggu bukti printnya dari sekolah.  "Sudah online, tapi tetap ke sekolah minta print bukti pendaftarannya," kata lnya kepada Batamnews.co.id.

Salah satu petugas sekolah Yufi Novianto mengatakan, sekolah sudah menyediakan petugas sejak subuh untuk memberikan nomor antrian.  "Kasihan juga lihat subuh udah ramai didepan," ujarnya.

Namun proses pemangilan nomor antrian baru dimulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 12.00 WIB siang.  "Ini bisa sampai sore," katanya kepada orang tua yang bertanya.

Hari ini pertama proses PPDB bukan sekolah rujukan dimulai. Diketahui akan sampai tanggal 6 Juli 2018. Adapun pada pendaftaran kali ini siswa mendaftar sesuai zonasi masing masing. Pembagian zonasi terdapat di situs atau aplikasi ppdb.batam.go.id.

(tan)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews