PPDB 2018

Ombusdman RI Awasi 3 Sekolah Rujukan dalam PPDB di Batam

Ombusdman RI Awasi 3 Sekolah Rujukan dalam PPDB di Batam

Kepala perwakilan Ombusdman Kepri, Lagat Parroha Patar Siadari. (Foto: Johannes Saragih/Batamnews)

Batam - Ombusdman RI perwakilan Kepulauan Riau mengawasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Saat ini, ada tiga SMP Negeri yang tengah disoroti. 

Kepala perwakilan Ombusdman Kepri, Lagat Parroha Patar Siadari mengatakan bahwa pihaknya sedang berupaya untuk melakukan sosialisasi di 3 SMP tersebut. 

"Kami pasangi spanduk-spanduk di sekitar sekolah itu, isinya jika melihat ada penyimpangan dalam pelayan publik bisa menghubungi kami," ujar Lagat, Selasa (26/6/2018). 

Selain tiga SMP Negeri tersebut, pihaknya juga mengawasi penyelenggaraan PPDB di beberapa Sekolah Dasar (SD) Negeri. Sekolah-sekolah itu menjadi konsentrasi dari Ombusdman yang merupakan sekolah rujukan. 

"Sekolah itu merupakan sekolah rujukan jadi akan banyak para orangtua yang mendaftarkan anaknya di sana, sistem zonasi juga tidak terlalu ketat diberlakukan untuk sekolah tersebut," kata dia. 

Ia berharap agar masyarakat dapat melaporkan jika menemukan praktik kecurangan. Cara pelaporannya dengan menghubungi nomor call centre Ombusdman Kepri. Kemudian melalui email ataupun mendatangi langsung kantor perwakilan Ombusdman Kepri. 

"Kami terima semua, sehingga nanti akan kami proses," katanya. 

Lagat juga menyampaikan berdasarkan data tahun lalu, 155 laporan yang masuk, 77 diantaranya terkait pelayanan publik di Pemerintah Daerah. 

"142 sudah selesai, selebihnya masih akan diproses,memang 77 laporan menyangkut layanan publik Pemerintah Daerah (Pemprov, Pemkot) lalu ada 17 pengaduan yang menyangkut kepolisian," ujarnya.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews