Begini Cara Melakukan CPR Tekan Dada untuk Menolong Orang Pingsan Bagi Awam

Begini Cara Melakukan CPR Tekan Dada untuk Menolong Orang Pingsan Bagi Awam

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - CPR (Cardiopulmonary resuscitation) atau bantuan pernafasan atau di Indonesia bisa disebut juga dengan Resusitasi Jantung Paru (RJP) adalah cara untuk melakukan pertolongan pertama pada orang yang tidak sadarkan diri.

Misalnya untuk memberikan bantuan pertama bagi orang yang pingsan setelah kecelakaan, tenggelam, bahkan ketika orang terkena serangan jantung. Bukan hanya dokter atau tenaga terlatih saja, CPR bisa dilakukan siapa saja meski dengan cara berbeda.

Teknik pemberian CPR pada umumnya terdiri dari tiga langkah. Namun bagi orang awam, cukup sampai pada langkah tekan atau kompresi dada.

Cara melakukannya dengan membaringkan tubuh seseorang di atas permukaan yang keras. Lalu berlutut di samping leher dan bahu orang itu.

Letakkan satu telapak tangan di atas dada bagian tengahnya, tepatnya di antara puting, dan letakkan telapak tangan kedua di atas tangan pertama. Pastikan posisi siku lurus dan bahu berada tepat di atas tangan.

Setelah itu, bisa mulai menekan dada sedalam kira-kira 5 cm sebanyak 30 kali, dengan kecepatan satu hingga dua tekanan per detik. Saat menekan, sebaiknya gunakan kekuatan tubuh bagian atas, jangan hanya mengandalkan kekuatan lengan, agar tekanan yang dihasilkan lebih kuat.

Kemudian cek apakah sudah terlihat tanda-tanda dia bernapas atau bergerak. Jika belum, bisa memberikan napas buatan jika merasa kompeten atau bisa lanjutkan proses kompresi dada saja hingga tenaga medis datang dengan kecepatan 100 kompresi dada per menit.

(deb)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews