5 Tragedi Mengerikan di Pertandingan Sepakbola

5 Tragedi Mengerikan di Pertandingan Sepakbola

BATAMNEWS.CO.ID - Kerusuhan karena sepakbola tidak hanya terjadi di dunia. Beberapa fans yang fanatik kerap menjadi mengerikan bila petaka di lapangan.

Bentrok antar fans juga menyisahkan kisah tragis bahkan keperistiwa berdarah yang menewaskan para supporter.  Berikut ini dihimpun kejadianp-kejadian paling mengerikan di pertandingan sepakbola.

Inilah 5 Tragedi Mengerikan yang Pernah Terjadi di Pertandingan Bola

1. Guatemala 1996

Pada 16 Oktober 1996 tepatnya di stadion Mateo Flores National Stadium, Guatemala City akan berlangsung pertandingan timnas Guatemala melawan timnas Costa Rica. Di sana terjadi penumpukan suporter yang mencoba masuk ke dalam stadion.

Mereka diduga membeli tiket palsu dari calo yang berakibat pada membludaknya penonton melebihi kapasitas stadion. Dari kejadian itu total lebih dari 80 orang meninggal dan 180 orang lainnya luka-luka.

2. Katmandu 1988

Kejadian ini terjadi di National Stadium, Katmandu, Nepal pada 12 Maret 1988. Saat itu tengah berlangsung pertandingan antara timnas Nepal melawan timnas Banglades. Di tengah pertandingan tiba-tiba terjadi badai salju besar.

Penonton mencoba berhamburan keluar stadion untuk menghindari butiran es yang jatuh. Sayangnya, ternyata dari 8 pintu keluar hanya 1 yang bisa terbuka. Alhasil 93 orang meninggal karena terjebak saat berebut keluar stadion.

3. Hillsborough 1989

Tragedi ini membunuh total 96 fans Liverpool dan melukai 766 orang suporter lainnya. kejadian ini terjadi pada 15 April 1989 tepat sebelum pertandingan final piala FA antara Liverpool melawan Sheffield.

Baca juga;

 

Mesir Masih Berharap Salah Bawa Kemenangan

Starbucks Segera Tutup Total 150 Gerai Kopi

 

 

Hillsborough Stadium tidak mampu menampung banyaknya fans yang hadir memenuhi pertandingan hari itu. Puluhan ribu orang berdesakan berebut untuk masuk ke dalam stadion. Desak-desakan mematikan pun tidak bisa dihindari.

4. Ghana 2001

Kejadian ini terjadi pada 9 Mei 2001 di stadion Accra Sports, Accra, Ghana. Kala itu tengah berlangsung pertandingan antara tim Oak melawan tim Asante. Lima menit sebelum waktu habis Oak memimpin dengan skor 2-1. Pada saat itulah fans mulai melempari botol dan kursi ke dalam lapangan.

Polisi merespon dengan melempar gas air mata. Hal itu memunculkan kepanikan pada penonton lain dan membuat mereka berlarian untuk keluar stadion. Desak-desakan para penonton ini berujung pada meninggalnya 126 orang dan melukai 70 ribu orang.

5. Peru 1964

Kejadian ini jadi sejarah paling kelam dalam dunia olahraga. Total 318 orang meninggal dan 500 orang luka parah. Hal itu disebabkan marahnya suporter Peru terhadap keputusan wasit yang menganulir goal yang masuk ke gawang Argentina.

Rivalitas ke dua negara ini memang sangat panas, sehingga hal tersebut memancing keributan di kubu suporter tuan rumah. Tragedi kelam ini terjadi di National Stadium Kota Lima, Peru pada 24 Mei 1964.

(*)


 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews