Jemaah Aboge Lebaran Hari Ini, Apa Bedanya dengan Jemaah Lain?

Jemaah Aboge Lebaran Hari Ini, Apa Bedanya dengan Jemaah Lain?

Puluhan Jamaah Aboge di Desa Leces, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, melaksanakan salat Id pada hari ini Sabtu (16/6/2018) pagi

BATAMNEWS.CO.ID - Puluhan Jamaah Aboge di Desa Leces, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, melaksanakan salat Id pada hari ini Sabtu (16/6/2018) pagi.

Jemaah ini merayakan lebaran selisih satu hari dari yang sudah ditetapkan pemerintah pada Jumat kemarin.

Jamaah Aboge menetapkan Lebaran berpedoman pada kalender Islam dan perhitungan jawa kuno, yakni kitab mujarobat. Hal tersebut sudah dilakukan turun temurun.

Usai menggelar salat Id, acara dilanjutkan dengan saling bermaaf-maafan antar warga. Kemudian selamatan dengan makan tumpeng yang dibawa masing-masing warga.

Makan bersama, mereka menyebutnya, sebagai simbol untuk meruwat bulan syawal.

Baca juga:

Warga Malaysia Didakwa di Singapura karena Bunuh Teman

Ronaldo Pimpin Top Skor Sementara Piala Dunia 2018

 

“Islam aboge ini sudah ada sejak jaman kakek buyutnya. Bertahan hingga saat ini, karena memang diwariskan dari generasi ke generasi. Kami hidup berdampingan, dengan umat muslim maupun agama lain. Tidak pernah ada pertentangan, karena memang berprinsip pada Islam rahmatan lil alamin,” ujar Budi, salah satu warga usai salat Id.

Dari tata cara sholat, salah satu tokoh Aboge, Kyai Buri Mariye, mengatakan bahwa Salat Ied ini sama seperti pada umumnya, pada rakaat pertama tujuh kali takbir dan rakaat kedua lima kali takbir.

Baik bacaan, maupun tata cara beribadah, tidak ada yang
berbeda dengan muslim pada umumnya. Perbedaan hanya terletak pada cara penghitungan waktu awal puasa, Idul Fitri dan Idul Adha.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews