Rudi Berharap IKAPTK Jadi Contoh Bagi ASN di Pemko Batam

Rudi Berharap IKAPTK Jadi Contoh Bagi ASN di Pemko Batam

Wali Kota Batam HM Rudi saat menghadiri buka bersama alumni IKAPTK (Foto: Ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) diharapkan dapat menjadi contoh bagi aparatus sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Batam. Harapan ini diutarakan Walikota Batam, Muhammad Rudi dalam acara buka puasa dan silaturahmi IKAPTK Batam di Sahid Hotel Batam Centre, Kamis (7/6).

Saat ini terdapat 5.643 ASN dan sekitar 7.000 tenaga honor daerah (THD) di lingkungan Pemko Batam. Dan alumni sekolah kepamongprajaan harus menjadi contoh bagi pegawai lain karena memang dididik untuk itu.

"Kalian ditempa khusus. Dan pelaksanaan tugasnya juga harus khusus. Dalam perjalanan, ada juga ketidaksempuranaan, ada juga yang bermasalah. Kekurangan itu harus dilengkapi. IKAPTK harus bisa memberi contoh dan teladan bagi 12 ribu pegawai Pemko baik ASN maupun THD," kata Rudi selaku Pembina IKAPTK Batam.

Pada kesempatan tersebut, Rudi menyampaikan bahwa saat ini ia tengah gencar membangun infrastruktur dan menata Kota Batam agar menjadi kota yang indah serta berdaya tarik wisata. Oleh karena itu ia mengajak alumni sekolah kepamongprajaan untuk berperan aktif serta mengikuti irama pembangunan yang ia laksanakan.

"Tujuan saya, kita benahi kotanya, ekonomi masyarakat harus hidup dan masyarakat harus sejahtera. Pesan saya, jaga komunikasi dan jaga kebersamaan. Dan saya berharap suatu saat nanti ada dari IKAPTK yang melanjutkan konsep dan pembagunan yang sudah ada sekarang ini," ujarnya.

Ketua IKAPTK Batam, Yusfa Hendri menjelaskan anggota IKAPTK merupakan alumni dari APDN, STPDN, IIP, dan IPDN. Di Batam terdapat 127 alumni yang terdiri dari 31 APDN dan 96 orang STPDN/APDN. Sebagian besar sudah memegang jabatan strategis di berbagai Organisasi Perangkat Daerah. Dengan rincian 13 orang pejabat Eselon II, 43 orang Eselon III, dan 37 orang Eselon IV.

"Melihat struktur ini menunjukkan Bapak Walikota memberi kepercayaan yang besar kepada alumni IKAPTK," sebut Ketua IKAPTK periode 2013-2018 ini.

IKAPTK, kata Kepala Dinas Perhubungan ini, memiliki jejaring yang kuat bahkan hingga Kementerian/Lembaga. Dan ini menjadi modal untuk mewujudkan pemerintahaan yang bersih dan baik.

"Di Kota Batam, di bawah kepemimpinan Walikota Wakil Walikota, Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad yang memiliki ritme kerja cepat, alumni pamong praja harus bisa menyesuaikan kecepatan dan tanggap dalam melaksanakan tugas di posisi masing-masing," kata dia.

Silaturahmi dan buka bersama IKAPTK ini merupakan agenda rutin yang digelar setiap Ramadhan. Selain itu juga penyerahan santunan kepada 50 anak yatim dan keluarga yatim alumni IKAPTK, alumni yang sakit, serta bingkisan kepada alumni yang purna tugas.

(snw)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews