Bidan Puskesmas di Lingga Siap Jemput Pasien Gawat Darurat

Bidan Puskesmas di Lingga Siap Jemput Pasien Gawat Darurat

Plt Kepala Puskesmas Pancur, dr Aprilia Zulinda (Foto: Ist/Batamnews) --

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Terkait masalah terbatasnya penempatan bidan di Lingga ditanggapi langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Puskesmas Pancur, dr Aprilia Zulinda.

Dia mengatakan, di Kecamatan Lingga Utara sendiri memiliki 11 Polindes dan 6 Pustu yang tersebar di 11 desa.

Menurutnya hampir semua desa memiliki bidan desa. Hanya dua desa yang tidak ada, yakni Desa Sungai Besar dan Desa Rantau Panjang.

"Hanya di Desa Sungai Besar dan Rantau Panjang yang diisi perawat, karena akses mereka ke puskesmas dekat. Kalau Desa Sungai Besar kan satu daratan dengan puskesmas, jadi biasanya dijemput pakai ambulance jika memang membutuhkan," kata dia kepada Batamnews, Senin (28/5/2018).

Sedangkan untuk Desa Rantau Panjang, biasanya jika ada pasien yang perlu pertolongan mendadak, dijemput menggunakan speedboat puskesmas.

"Perawat berkoordinasi dulu kalau memang gawat dan harus dirujuk ke puskesmas. Sejauh ini Insya Allah ibu hamil aman melahirkan," ucapnya.

Saat ini, khusus untuk tenaga bidan di bawah puskesmas Pancur ada 18 orang dengan rincian 10 PNS, 6 bidan THL dan 2 orang tenaga suka rela.

"Kalau mau diturunkan bidan semuanya, di puskesmas kami tidak ada bidan. Jadi, disetiap desa ada, biasanya diisi satu bidan dan satu perawat. Contohnya Desa Limbung, Pustu Centeng diisi perawat dan Polindes Senempek diisi bidan," katanya.

(ruz)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews