TNI AL Gagalkan Penyelundupan Puluhan TKI Ilegal di Perairan Batam

Para TKI Ilegal diamankan TNI AL dari yang melakukan patroli dengan searider di Perairan Teluk Mata Ikan, Batam. Para TKI ilegal ini akan menuju Malaysia

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Tiga unit speedboad bermuatan puluhan TKI ilegal ditangkap tim gabungan WFQR Lantamal IV dan Lanal Batam di perairan Teluk Mata Ikan, Nongsa, Batam, Selasa (17/4/2018).

Dari penangkapan itu didapat 49 orang TKI ilegal yang terdiri dari 40 orang WNI (36 orang laki-laki dan 4 orang perempuan) serta 9 orang warga negara Bangladesh dengan ABK 4 orang.

“Para TKI ini nantinya akan dibawa ke Malaysia,” ujar Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan di Mako Lanal Batam.

Iwan melanjutkan, penangkapan berawal dari adanya informasi intelijen bahwa adanya aktifitas pengiriman TKI ilegal dari Batam dengan tujuan Malaysia.

Selanjutnya tim gabungan WFQR Lantamal IV dan Lanal Batam, melakukan patroli penyekatan di beberapa titik yang kemungkinan akan dilalui oleh kapal tersebut.

“Sekitar pukul setengah 12 malam hari selasanya, terdeteksi secara visual ada speedboad yang mencurigakan di sekitar perairan Teluk Mata Ikan. Sempat terjadi pengejaran terhadap kapal tersebut,” kata dia.

Lalu sekitar pukul 00.15 esok harinya, Patkamla dengan menggunakan sea rider berhasil menghentikan kapal tersebut. Setelah dihentikan dan diperiksa ditemukan  para TKI dan WNA tersebut.

(ude)