Mentri BUMN Resmikan Kapal Curah Bekas Seharga Rp 164 Miliar

Mentri BUMN Resmikan Kapal Curah Bekas Seharga Rp 164 Miliar

Kapal MV Dharma Lautan Intan yang diresmikan Menteri BUMN

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno resmikan MV Dharma Lautan Intan, milik Djakarta Lloyd di pelabuhan Makobar Batu Ampar, Batam, Rabu (11/4/2018).

Kapal tersebut merupakan kapal bekas yang dibeli seharga mencapai Rp 164 miliar dari Singapura.Kapal curah ini akan menambah armada perseroan dalam rangka menggarap kontrak pengangkutan batu bara PT PLN (Persero).

"Mengapa kapal seperti ini, karena ada cranenya di dalam. Jadi masih banyak pelabuhan yang masih belum punya crane, karena itu sulit sekali menerima seperti kontainer-kontainer," Ujar Rini sesudah memantau dock kapal MV Dharma Lautan Intan.

Ia menyebutkan, dengan adanya kapal ini nantinya bisa ke pelabuhan-pelabuhan yang ada cranenya. 

"Ini juga efisien, kita bisa langsung pakai kapal ini selain juga untuk penggunaan-penggunaan yang lain. Jadi ini memang sangat dibutuhkan" kata dia.

Jaksa Agung RI, H.M Prasetyo yang turut hadir dalam peresmian itu, ikut mengomentari perihal pembelian kapal ini.

"Kalau buat sendiri perlu waktu lama, jadi ini bukan keinginan, tapi kebutuhan kita. Sedangkan kebutuhan pengangkutan batu bara sangat banyak," kata dia.

Ia berjanji, akan menambah satu kapal lagi yang akan dibuat sendiri. 

"Kami nanti akan bangun sendiri. Jadi ini karena kebutuhan mendesak tadi, kalau bangun sendiri waktunya sampai tiga tahun. Selama tiga tahun harus memenuhi kebutuhan pengangkutan batubara," ungkapnya. 

(ude)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews