Besok, Irjen Heru Winarko Dilantik Jadi Kepala BNN

Besok, Irjen Heru Winarko Dilantik Jadi Kepala BNN

Irjen Heru Winarko

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya menunjuk Deputi Bidang Penindakan KPK Irjen Heru Winarko sebagai Kepala BNN menggantikan Komjen Budi Waseso yang memasuki masa pensiun.

Jokowi diketahui telah mengeluarkan dan menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengangkatan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Hal itu dibenarkan Juru Bicara Presiden, Johan Budi kepada wartawan. Rencananya, Kepala BNN yang baru akan dilantik besok di Instana.

Johan hanya menyebutkan tiga nama yang akan menggantikan Budi Waseso mengisi Kepala BNN.

Tiga nama jenderal polisi yang disebut-sebut memiliki peluang besar menggantikan Buwas. 

Mereka adalah Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto, Deputi Pemberatasan BNN Irjen Arman Depari dan Deputi Penindakan KPK Irjen Heru Winarko.

Heru Winarko merupakan perwira tinggi Polri yang saat ini menjabat Deputi Penindakan KPK sejak 15 Oktober 2015, dirinya menjalankan fungsi perumusan kebijakan untuk sub-bidang penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan di lembaga antirasuah itu.

Jenderal Polisi bintang dua tersebut sebelumnya pernah menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menko Polhukam dan Kapolda Lampung.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kabarnya akan melantik Irjen Pol Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) di Istana Negara, Jakarta besok, Kamis 1 Maret 2018.

Berdasarkan surat undangan yang beredar, Irjen Pol Heru Winarko akan dilantik sekira pukul 09.00 WIB. Dengan begitu, Heru nantinya akan resmi menjadi jenderal bintang tiga.

Siapa Heru Winarko?

Jenderal bintang dua ini memang tak sepopuler Budi Waseso. Namun, kariernya tergolong cemerlang. Usai bertugas sebagai kepala Polda Lampung pada 2012, dia ditarik menjadi Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menko Polhukam pada 2015.

Tak lama jadi staf ahli, Heru ditarik ke KPK. Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiequrachman Ruki melantik Irjen Pol Heru Winarko menjadi Deputi Bidang Penindakan, di gedung KPK, Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Perwira tinggi Bhayangkara ini juga telah dianugerahi sejumlah tanda jasa, antara lain Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Kesetiaan XXIV, Satya Lencana Dwidja Sistha, Satya Lencana Karya Bhakti, Satya Lencana Ksatria Tamtama dan Bintang Bhayangkara Nararya. 

Heru merupakan lulusan Akpol tahun 1985. Pria kelahiran Jakarta 1 Desember 1962 itu pernah menjabat Asisten Deputi 4/V Kamnas Kemenko Polhukam pada 2010, Wadir III/Tipikor Bareskrim Polri pada 2010, Wadir II/Eksus Bareskrim Polri pada 2009, Penyu Tk II Dit II/Eksus Bareskrim Polri pada 2009, dan Kapolres Metro Jakarta Pusat.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews