Lee Kuan Yew Wafat

Lee Kuan Yew, dari Seorang Pengacara Buruh Menjelma Menjadi Pemimpin Disegani

Lee Kuan Yew, dari Seorang Pengacara Buruh Menjelma Menjadi Pemimpin Disegani

Lee Kuan Yew

BATAMNEWS.CO.ID, Singapura  - Perdana Menteri pertama Singapura,  Lee Kuan Yew  wafat di Singapore General Hospital, Senin pukul 03.18 waktu setempat.

Rencananya mantan perdana menteri sekaligus pendiri Singapura ini akan dimakamkan pada 29 Maret mendatang.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, yang juga putra pertama Lee Kuan Yew mengungkapkan, Lee akan disemayamkan di gedung parlemen Singapura dari 25-28 Maret, dikutip dari Guardian, Senin (23/3/2015).

Hal itu dilakukan agar masyarakat Singapura dalam memberikan penghormatan terakhir kepada tokoh sekaligus mantan pemimpin mereka Lee Kuan Yew secara langsung.

Dia juga mengumumkan Singapura berduka selama tujuh hari dimulai sejak 23 hingga 29 Maret. Bendera di gedung pemerintahan pun mulai dipasang setengah tiang hingga sepekan ke depan.

Lee Kuan Yew telah mengabdikan hidupnya untuk Singapura sejak mulai meniti karir menjadi pengacara bagi persatuan buruh sejak tahun 1950-an. Saat itu dia belum lama lulus dari kuliahnya di Universitas Cambridge.

Selanjutnya dia membangun PAP dan mendorong berdirinya negara Singapura di tahun 1959.

Lee Kuan Yew memimpin Singapura selama 31 tahun, mulai dari tahun 1959 hingga tahun 1990. Bagi warga Singapura, Lee Kuan Yew merupakan bapak bangsa yang berjasa bagi perkembangan dan kemajuan negara tersebut.

Lee Kuan Yew sebelumnya menjalani perawatan di Singapore General Hospital. Dia masuk rumah sakit sejak 5 Februari lalu untuk mendapatkan perawatan atas sakit pneumonia yang dia alami.

 

[dtc/oke/kcm]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews