Dibangun Ulang, Pasar Induk Jodoh akan Dikosongkan

Dibangun Ulang, Pasar Induk Jodoh akan Dikosongkan

Pasar Induk Jodoh yang tidak terawat dan sepi. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - Pemerintah Kota Batam akan mengosongkan Pasar Induk Jodoh, Batam. Pengosongan Pasar Induk ini untuk program penataan dan dibangun kembali. 

Sebelumnya para pedagang di tempat tersebut dikumpulkan dan diberikan pengarahan.

Tindakan pengosongan Pasar Induk dilakukan setelah ada kesepakatan antara Pemko Batam dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam mengenai peralihan aset yang saat ini menunggu persetujuan dari Kementerian Keuangan. 

"Sudah sudah sampaikan Pak Lukita (Kepala BP Batam) agar sambil menunggu peralihan aset dari kementerian keuangan, kita akan mengosongkan pasar induk dan dibersihkan," ujar Wali Kota Batam, HM Rudi, Selasa (19/12/2017). 

Setelah dikosongkan dan dibersihkan, pasar induk akan dibangun kembali dengan menggunakan dana bantuan dari Kementerian Perdagangan. 

"Nanti kita menghadap lagi ke Kementerian Perdagangan, karena kami pernah menghadap tapi karena asetnya belum dialihkan ke Pemko Batam sehingga permohonan kami waktu itu belum bisa diterima," jelas Rudi. 

Nantinya, Rudi akan meminta masukan dari para pedagang. Diketahui ada 80 pedagang yang berjualan di kawasan Pasar induk, direncanakan para pedagang menempati Pasar Induk setelah dibangun kembali. 

"Makanya kita minta masukan dari mereka, sementara pasar induk dibangun kembali, mereka akan direlokasi dan kita lihat hasilnya nanti setelah dari pertemuan itu," kata Rudi. 

Tidak hanya 80 pedagang yang ada di sekitar kawasan Pasar Induk, pedagang-pedagang yang ada di kawasan Tos 3000 juga akan direlokasi setelah Pasar Induk setelah selesai dibangun. 

Selain Pasar Induk, ada 5 aset lain yang akan diserahkan BP Batam ke Pemko Batam yaitu Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur, Masjid Agung, Masjid Raya, Kantor Wali Kota Batam dan Gedung DPRD Kota Batam. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews