Pertumbuhan Ekonomi Kepri Naik Jadi 2,41 Persen

Pertumbuhan Ekonomi Kepri Naik Jadi 2,41 Persen

Salah satu kawasan industri di Batam (Foto: via harnas)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pertumbuhan ekonomi Kepulauan Riau triwulan III-2017(y-on-y) berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri tumbuh sebesar 2,41 persen. Pertumbuhan pada triwulan ini didorong oleh pertumbuhan kategori Industri pengolahan yang memberikan andil pertumbuhan sebesar 1,09 persen.

Untuk sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi didorong oleh komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang mempunyai andil pertumbuhan ekonomi sebesar 3,26 persen.

Angka pertumbuhan ekonomi ini tumbuh positif dibandingkan dengan triwulan II yang hanya tumbuh sebesar 1,52 persen. 

Ekonomi Kepulauan Riau triwulan III-2017 dibandingkan dengan triwulan sebelumnya (q-to-q) tumbuh sebesar 2,83 persen. Dari sisi produksi, sebagian besar kategori lapangan usaha mengalami pertumbuhan. 

Tiga kategori yang memberikan andil pertumbuhan terbesar antara lain: kategori Industri Pengolahan 1,76 persen; kategori Kontruksi 0,83 persen; serta kategori perdagangan sebesar 0,16 persen. Dari sisi pengeluaran, yang mempunyai andil terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi adalah konsumsi pemerintah sebesar 1,11 persen dan PMTB sebesar 1,08 persen. 

Pada triwulan ini sebagian besar kategori lapangan usaha mengalami pertumbuhan kecuali kategori pertambangan dan penggalian; pertanian, kehutanan, dan perikanan; transportasi dan pergudangan; dan jasa perusahaan.

Namun dibanding periode yang sama tahun sebelumnya tumbuh sebesar 2,41 persen, melambat dibandingg pertumbuhan triwulan III-2016 (y-on-y) yang tumbuh hingga 5,50 persen.

Dalam transisi dua tahun, pimpinan BP Batam yang baru ditargetkan pertumbuhan ekonomi tumbuh 7 persen. 

"Target yang diberikan Menteri Perekonomian, pertumbuhan ekonomi harus tumbuh 7 persen, itu target kita bersama," ujar Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo beberapa waktu lalu.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews