Disbud Lingga Optimis Sultan Mahmud Riayat Syah III Jadi Pahlawan Nasional

Disbud Lingga Optimis Sultan Mahmud Riayat Syah III Jadi Pahlawan Nasional

Kepala Disbud Lingga Muhammad Ishak. (foto: ruz/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Dinas Kebudayaan (Disbud) Lingga optimis, Sultan Mahmud Riayat Syah III yang diajukan sebagai pahlawan nasional dari Kabupaten Lingg, Kepulauan Riau dapat menjadi pahlawan nasional di tahun 2017 ini.

Rasa optimis dari Disbud Lingga tersebut dilontarkan karena dari tiga nama yang disodorkan oleh tim gelar, nama Sultan Mahmud Riayat Syah III menjadi salah satu nama yang masuk ke Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Saya tidak boleh pula mendahului, selagi kita belum tau apakah presiden sudah menandatangani atau belum. Tapi dari informasi yang kita dapat, alhamdulillah tiga nama yang disodorkan oleh tim gelar itu, termasuklah salah satunya Sultan Mahmud Riayat Syah, kita bersyukur sekali lah dengan perjuangan yang panjang sejak tahun 2010 mulai diperbincangkan, dan 2013 baru diusulkan," kata Kepala Disbud Lingga Muhammad Ishak kepada Batamnews.co.id, Rabu (1/11/2017) kemarin.

Dikatakannya, dikarena data yang belum lengkap pada tahun 2013 tersebut, pihaknya diberi kesempatan untuk melengkapi data tentang Sultan Mahmud untuk diusulkan kembali.

"Apalagi kemarin pak gubernur dalam pembukaan musyawarah besar Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri mengumumkan secara resmi bahwa Insya Allah, Sultan Mahmud akan menjadi pahlawan nasional. Tapi kan kita belum dapat surat secara resmi, tapi kita optimis lah, Insya Allah harapan masyarakat Kabupaten Lingga dan doa masyarakat dirahmati Allah," ujarnya.

Ishak mengaku, sebagai bentuk apresiasi dan menjunjung Sultan Mahmud Riayat Syah, pada malam 20 November 2017 mendatang akan ada malam syukuran hari jadi Sultan Mahmud Riayat Syah III sebagai Pahlawan Besar.

"Kita belum boleh menyebut sebagai pahlawan nasional karena belum dilantik. Tapi apabila menjadi pahlawan nasional, kata-kata besar itu akan berubah menjadi nasional. Pokoknya dalam konsep kita, jadi tak jadi dia (Sultan Mahmud) sebagai pahlawan nasional, kita tetap bersyukur. Dia itu adalah pahlawan besar gerilya laut," katanya.

Namun, kata Ishak jika tepat pada 10 November mendatang, Sultan Mahmud Riayat Syah III berhasil menjadi pahlawan nasional, pihaknya akan merubah konsep syukuran yang semula pahlawan besar, kini menjadi pahlawan nasional.

"Itu nanti ada prosesinya dengan menghadirkan zuriat-zuriatnya, kemudian Pemkab Lingga juga akan memberikan apresiasi siapa saja yang mungkin berjasa selama ini sebagai penulis, pendukung dan sebagainya," ujar Ishak.

Ia berharap, nama Sultan Mahmud Riayat Syah III dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kepri dan khususnya Kabupaten Lingga.

(Ruz)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews