Dukung Sawah di Lingga, BWSS Gelar Workshop soal Irigasi

Dukung Sawah di Lingga, BWSS Gelar Workshop soal Irigasi

Workshop Pembangunan dan Pengelolaan Irigasi di Lingga. (foto: ruz/batamnews)


BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Guna mendukung program cetak sawah di Kabupaten Lingga, Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) IV gelar  Workshop Pembangunan dan Pengelolaan Irigasi bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis di One Hotel Dabo Singkep, Selasa (31/10/2017) kemarin.

Narasumber dari BWSS IV Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR), Eris Hendrabuana mengatakan, adapun tujuan dari workshop tersebut lebih kepada teknis terkait mulai dari tahap perencanaan, penganggaran, bahkan sampai dengan teknis didalam pelaksanaan atau pembangunan jaringan irigasi itu sendiri.

"Diharapkan hasil dari pekerjaan ini dapat dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan dan berfungsi secara maksimal," kata dia dalam workshop tersebut, Selasa (31/10/2017).

Menurutnya, workshop tersebut sangat penting mengingat Kabupaten Lingga merupakan daerah baru di dalam pembangunan dan pengelolaan irigasi.

"Bentuk dukungan yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui BWSS IV pada tahun anggaran 2017 dilaksanakannya pekerjaan FS irigasi di 17 lokasi dan 2 DED irigasi dimana pada saat ini sudah selesai dilaksanakan. Selanjutnya pada dua lokasi yang sudah di DED tersebut pada anggaran 2018. BWSS IV akan membangun jaringan irigasinya," ujarnya.

Selain itu, ia turut menyarankan agar segera dilakukan rapat bersama antar OPD terkait yakni Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pertanian, Transmigrasi serta BAPPEDA Lingga.

"Nanti dari rapat itu dibuat berita acara sinergitas yang berisi tupoksi dari masing-masing OPD dan jadwal target pelaksananan atau penyelesaian dari kegiatan masing-masing OPD tersebut. Sehingga bisa terlihat gambaran tahun kapan hasil dari cetak sawah ini berhasil sesuai harapan," katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ramadona Simatupang dari BWSS IV Kemen-PUPR, perwakilan Dinas Pekerjaan Umum Kepri Andreas Yuli yang didampingi oleh Kepala bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) DPUPR-PKP Lingga, Sumarno. 

(Ruz)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews