Keren, Ratusan Pemuda Ini Bangun Rumah untuk Warga Miskin

Keren, Ratusan Pemuda Ini Bangun Rumah untuk Warga Miskin

Kegiatan Habitat for Humanity Indonesia membangun rumah untuk warga miskin. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Ratusan anak muda dari beberapa daerah bergotong-royong membangun puluhan rumah untuk keluarga berpenghasilan rendah. Kegiatan ini dalam rangka merayakan hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2017). 

Kegiatan yang dinamakan "28UILD.ID Kita Bangun Indonesia" dilaksanakan oleh Habitat for Humanity Indonesia di beberapa daerah termasuk Batam, dan Jakarta, Yogyakarta, Surabaya. 

Gerakan generasi muda yang didukung 700 relawan di 4 kota besar ini merupakan peran serta masyarakat Indonesia untuk menjaga keutuhan NKRI yang berbangsa, bertanah tumpah darah, berbahasa satu yakni Indonesia, melalui perumahan layak huni. 

Program tersebut selama ini sudah ada antara lain di Aceh, Sumatera Barat, Lampung hingga Jabodetabek, Yogyakarta, Surabaya, Batam, dan Bitung Sulawesi Utara. 

Menurut Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia David Gabriel Ardhani, kegiatan ini merupakan perwujudan dari misi HFH mengajak semua kalangan untuk membangun rumah demi masa depan lebih baik. “Sehingga setiap keluarga bisa tinggal di rumah layak huni,” ujarnya. 

Partisipasi generasi muda, menurut David Gabriel Ardhani, memiliki dampak yang positif yakni dalam bidang kemasyarakatan seperti etika, pengetahuan, dan perilaku, serta kepedulian pada sesama yang membutuhkan.

Selain itu, kegiatan 28UILD.ID Kita Bangun Indonesia ini juga bertujuan menyebarluaskan gerakan Habitat Indonesia Youth Movement yang akan diluncurkan resmi pada awal tahun 2018. “Mari generasi muda mendukung gerakan masif ini untuk membangun Indonesia yang lebih sejahtera,” katanya. 

Menurut David, antuasiasme relawan muda sangat tinggi untuk bergabung dalam kegiatan ini. “Terbukti dengan cepatnya mereka mendaftar untuk mengisi kebutuhan relawan yang diumumkan melalui media sosial. Dalam waktu singkat, kebutuhan akan relawan ini langsung terpenuhi oleh anak-anak muda yang mendaftar,” katanya. 

Dukungan Lintas Talenta 

28UILD.ID Kita Bangun Indonesia ini dijadikan momentum untuk memperkuat dan melaksakan reaktualisasi semangat kebangsaan di kalangan generasi muda sesuai dengan dengan talenta masing-masing, tidak terbatas dalam bidang relawan pembangunan. 

Kegiatan 28UILD.ID Kita Bangun Indonesia dilaksanakan Sabtu (28/10) bertempat di Plaza Indonesia yang menghadirkan Riop (fotografer), Nelsa Yesaya (Emilie Garden) serta sejumlah penyanyi dan musisi seperti Albert Fakdawer, Barry Likumahuwa, Adinda Salahita, Billy Simpson, serta Protocol Afro. 

Keluarga Mitra 

Semangat Sumpah Pemuda yang diaktualisasikan oleh 28UILD.ID Kita Bangun Indonesia ini juga dirasakan keluarga mitra Habitat for Humanity Indonesia yang rumahnya dibangun oleh relawan muda. 

Pembangunan rumah layak huni dilaksanakan di wilayah Mauk, 300 relawan membangun 25 rumah layak huni. Gresik - Surabaya, 125 relawan muda mengerjakan 10 rumah layak huni dan 5 toilet di Wringinanom Gresik. Yogyakarta sebanyak 7 rumah di Selopamioro-Bantul, dibangun oleh 70 relawan muda.

Sedangkan di Batam 227 relawan membangun 7 rumah serta drainase dan gorong-gorong sepanjang 300 meter di Kabil.

Sunario Mangunsong (30) salah seorang warga Kabil Indah, Batam yang mendapatkan rumah layak huni itu menyampaikan rasa syukur terima kasihnya. Ia menyangka apa yang didapatkannya seperti mimpi. 

"Seperti mimpi rasanya. Senang sekali ketika rumah saya dibangun baru oleh para relawan muda yang baik hati. Saya benar-benar berterima kasih,” ungkap Sunario yang rumah sebelumnya hanya beratap seng lapuk sehingga bocor saat hari hujan. 

Senada dengan Sunario, Supriyadi tidak menyangka rumahnya dibantu oleh anak muda, sebelumbnya rumahnya hanya dari papan dan triplek. "Saya tidak menyangka rumah saya bisa dibantu Habitat supaya lebih layak. Selama ini rumah saya hanya terdiri dari papan dan tripleks bekas, tidak ada strukturnya,” katanya.
 
Habitat for Humanity Indonesia adalah bagian dari lembaga kemanusiaan global dengan visi dunia dimana semua orang mempunyai tempat tinggal yang layak huni. Sejak berdiri di tanah air pada tahun 1997, Habanitat for Humanity Indonesia telah membantu lebih dari 50.000 keluarga (per akhir Juni 2017) di 13 provinsi, membangun kekuatan, stabilitas dan kemandirian melalui perumahan, termasuk konstruksi rumah, rehabilitasi dan perbaikan, serta meningkatkan akses terhadap tempat tinggal layak melalui produk dan program. Serta banyak program lainnya. 

Untuk informasi lebih lanjut, memberikan dukungan atau menjadi relawan, kunjungi www.habitatindonesia.org dan Facebook Habitat.Indonesia.

(yes)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews