Kemilau Nusantara Targetkan 275 Wisatawan Nusantara

Kemilau Nusantara Targetkan 275 Wisatawan Nusantara

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kemilau Sumatera hadir Batam, dalam tema Pesona Sumatera Pulau Emas. Dengan target untuk mendorong pencapaian target 257 juta perjalanan Wisatwan nusantara (wisnus) dan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). 

Acara tahunan diselenggarakan oleh Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 27-28 Oktober 2017. 

Acara ini diselenggarakan di Atrium Kepri Mall dengan menampilkan pameran paket wisata, dan cinderamata dari provinsi dan kabupaten/kota di pulau Sumatera. 

Dalam sambutannya Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti mengatakan bahwa acara Kemilau Sumatera bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara.

“Selain itu juga ingin meningkatkan citra positif Indonesia sebagai tujuan daerah pariwisata dan ada peningkatan kunjungan wisman ke Sumatera,” ujar Esthy dalam pembukaan Kemilau Nusantara di Atrium Kepri Mall, Jumat (27/10/2017). 

Esthy menjelaskan bahwa pada tahun ini wisnus sudah melakukan perjalanan sebanyak 265 juta dengan pengeluaran 241,08 triliun, tahun 2019 ditargetkan angka perjalanan wisnus sudah di angka 275 juta. 

Menurut Esthy pemilihan Batam sebagai tempat acara kemilau Nusantara karena Batam merupakan tempat strategis yang mana berbatasan dengan negara tetangga Singapura. 

“Batam sangat strategis dalam mempromosikan pariwisata, karena Kepulauan Riau mendapat urutan ketiga setelah Bali dan Jakarta dalam hal kunjungan wisatawan,” kata Esthy lebih lanjut. 

Pada pembukaan acara kemilau sumatera, berbagai tarian dari Sumatera juga turut ditampilkan seperti tari persembahan yang berasal dari Kepri, kemudian tarian Zara Zapin serta Tarian khas Lampung.

Dalam acara yang berlangsung selama dua hari tersebut, setiap kabupaten/kota disediakan stand-stand gratis untuk mempromosikan pariwisata dari daerah masing-masing. 

Sementara itu, Asisten perekonomian dan pembangunan provinsi Kepri, Samsul Bahri mengatakan acara ini merupakan kesempatan ini sangat dipergunakan dengan baik. Karena Pariwisata adalah sumber pendapatan daerah yang tidak dapat dipengaruhi luar. 

“Tantangan pariwisata berasal dari dalam, kalau sektor lain kebanyakan pengaruhnya dari luar, citra positif setiap daerah tetap harus dibangun,” ujar Samsul pada kesempatan yang sama. 

Acara ini juga akan menampilkan pentas seni budaya, mulai pukul 12.00 WIB, pameran kerjainan khas sumatera dan booth biro perjalanan wisata (BPW). 

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews