8 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan

8 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan

SAAT terik matahari menyengat ubun-ubun, maka semangka menjadi salah satu pilihan untuk menyegarkan tenggorokan. Tapi, seringkali kita mengabaikan bijinya. Tentu ini disebabkan kurangnya pengetahuan kita tentang manfaat biji semangka.

Biji semangka  mengandung sejumlah bahan gizi yang meliputi asam lemak, protein esensial dan banyak mineral. Biji ini penuh dengan vitamin B, tiamin, niacine, folat dan mineral seperti magnesium, kalium, zat besi, zinc, fosfor dan tembaga.  Sebanyak 100 gram biji semangka mengandung sekitar 600 gram kalori.

Bukan hanya itu, biji semangka juga mengandung serat makanan yang sangat bermanfaat untuk saluran pencernaan, bahkan membantu mengobati kasus parasit usus. Disebutkan, biji semangka juga membantu pengobatan pasien yang menderita hepatitis dan peradangan dalam tubuh.

Biji semangka dikatakan mengandung zat citrulline, yang bertindak sebagai antioksidan yang bisa memperluas pembuluh darah dan memiliki efek positif dalam kasus disfungsi hipertensi dan ereksi.

Jadi apa saja manfaatnya?

1. Melindungi Kesehatan Jantung: Benih penuh magnesium dan membantu dalam menjaga jantung. Selanjutnya, membantu menstabilkan tekanan darah dan meningkatkan proses metabolisme. Karena itu, biji semangka dianggap yang terbaik untuk menghindari penyakit jantung dan hipertensi.

2. Mencegah Penuaan Dini: Ini berisi konten antioksidan yang membantu untuk menghindari proses penuaan dini. Khasiatnya memperkuat kulit dan membuatnya lebih sehat dan lebih muda.

3. Mengobati Diabetes: Rebuslah segenggam biji semangka, makanlah setiap hari dan rasakan khasiatnya. Kuaci yang dikenal sebagai salah satu yang terbaik obat alami untuk mengobati diabetes bila dikonsumsi secara teratur.

4. Memperkuat Memori: Setelah sehari atau dua hari mengkonsumsi kuaci  (biji semangka) akan langsung terasa efeknya. Orang yang menderita masalah kehilangan memori juga bisa mendapatkan manfaat dari biji semangka.

5. Meningkatkan Kesuburan Pria: Biji semangka mengandung lycopene antioksidan, yang merupakan obat yang sangat baik untuk meningkatkan potensi pada pria.

6. Mencegah Edema: Satu sendok biji semangka kering dan satu sendok madu, bersama dengan ¾ cangkir air hangat, dikonsumsi dua kali sehari . Ini akan membantu untuk mengontrol dan mencegah edema.

7. Sumber Magnesium: Magnesium membantu menjaga fungsi tubuh. Hal ini juga membantu dalam menyeimbangkan tekanan darah.

8. Menjaga Tubuh: Sekitar 80% lemak dalam biji semangka adalah lemak tak jenuh dan sehat bagi tubuh kita. Manfaat tambahan dari asam lemak omega-3 membantu menjaga tubuh dari masalah kesehatan.

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews