Seluruh Pengemudi Pancung Belakang Padang Bakal Memiliki Sertifikasi

Seluruh Pengemudi Pancung Belakang Padang Bakal Memiliki Sertifikasi

Pancung sedang sandar di Pelabuhan Rakyat Belakang Padang. (M. Zuhri)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Untuk meningkatkan sektor pariwisata, Pemerintah Kota Batam menyiapkan beberapa langkah, diantaranya melakukan sertifikasi dan uji kompetensi untuk para pengemudi pancung yang melayani wisatawan menuju pulau-pulau di Batam.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan, dari beberapa sertifikasi dan uji kompetensi, sektor wisata paling banyak peminat dan sangat diprioritaskan. "Wisata paling banyak, nanti para pengemudi pancung kita minta ikut semua," kata Rudi kepada batamnews.co.id.

Untuk mengikutsertakan pengemudi pancung ini, kata Rudi, Disnaker akan bekerjasama dengan organisasi pariwisata untuk sertifikasi SKH 30 mil. "Organisasi pariwisata nanti mengerahkan anggotanya untuk ikut kompetensi. Seperti pengemudi pancung Belakang Padang."

Ia menambahkan, ada beberapa alasan Disnaker melakukan sertifikasi dan uji kompetensi. Pertama, agar pencari kerja (percaker) bisa bersaing dan meningkatkan penghasilan mereka. "Dengan memiliki sertifikasi mereka bisa meningkatkan taraf penghasilan," kata dia.

Kemudian untuk tenaga kerja, kata Rudi melanjutkan, dengan memiliki sertifikasi kompetensi mereka bisa bersaing untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang begitu ketat saat ini.

"Dengan demikian, yang telah mengikuti sertifikasi dan uji kompetensi diharapkan nanti mereka bisa menggantikan tenaga kerja asing ditempat mereka bekerja, paling tidak bisa bersaing," ujarnya. []


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews