Anggota DPD: Coba Kau Sebutkan Dulu 5 Sila Pancasila

Anggota DPD: Coba Kau Sebutkan Dulu 5 Sila Pancasila

Anggota DPD RI Djasarmen Purba saat sosialisasi empat pilar di Batam (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Anggota DPD/MPR RI, Djasarmen Purba mengatakan bahwa generasi muda saat ini harus hafal dan tahu makna empat pilar bangsa Indonesia.

Empat pilar tersebut yakni, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk Negara dan Bhineka Tunggal Ika semboyan Negara.

"Generasi muda harus paham dan hafal empat pilar, dan harus bisa mempertahankan kebangsaan, karena mereka sebagai penguat bangsa," ujar Djasarmen Purba saat memberikan sosialisasi empat pilar kepada puluhan mahasiswa GICI Bussines School dikantor DPD RI Batam, Sabtu (12/11/2016) malam.

Suasana sosialisasi yang gelar selama dua jam itu terasa singkat. Pemahaman empat pilar disampaikan Djasarmen dengan guyonan, setiap pertanyaan yang dilontarkan membuat mahasiswa tak mampu menahan gelak tawa, karena memperoleh imbalan.

"Coba kau sebutkan dulu lima sila Pancasila," ujar Djasarmen dengan logatnya.

"Dimana kau tinggal, Padang Sidempuan Pak," jawab mahasiswa tersebut. "Wah masih jauh lagi itu dari Medan," ujar Djasarmen kemudian merogoh kocek "Jajan untukmu," pada mahasiswa tersebut dan disambut gelak tawa mahasiswa lain.

Jadi, Negara Republik Indonesia ini negara hukum, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai pilar. Kemudian, Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Bangsa. "Ada yang dari Padang, Medan, Aceh, Jawa. Angkat tangan, walaupun berbeda tapi kita satu," ucapnya.

Kemudian Djasarmen sedikit menyinggung soal sejarah dan siapa pahlawan disetiap daerah seperti Sumatera Barat, Aceh dan lainnya. "Kita harus tahu sejarah bangsa. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu sejarahnya," paparnya.

 

[is]

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews