Mengenal Sirkuit Catalunya, Trek Lurus dan Tikungan Tersulit di Dunia

Mengenal Sirkuit Catalunya, Trek Lurus dan Tikungan Tersulit di Dunia

Tikungan di Sirkuit Catalunya, Spanyol. (foto: ist/premio)

BATAMNEWS.CO.ID, Barcelona - Sirkuit Catalunya merupakan tempat berlangsungnya pergelaran MotoGP Catalunya. Dibangun pada 1991, sirkuit sepanjang 4,7 kilometer ini awalnya digunakan untuk ajang Formula 1 sebelum menggelar lomba balap motor grand prix pada 1996.

Sirkuit Catalunya terletak di Montmelo, Barcelona, Spanyol. Sampai 2013, sirkuit yang mampu menampung lebih dari 140 ribu penonton ini masih bernama Sirkuit Catalunya. Namun, setelah menjalin kerja sama sponsorship dengan Dewan Kota Barcelona, sirkuit itu kini dikenal dengan nama Sirkuit Barcelona-Catalunya.
 
Sirkuit Catalunya disebut-sebut sebagai sirkuit tersulit dalam kalender MotoGP. Karakteristik sirkuit yang memiliki 13 tikungan ini sangat tidak disukai para teknisi tim.

Sirkuit ini memiliki segala aspek negatif sirkuit yang menyulitkan teknisi untuk menemukan setelan terbaik motor, mulai dari trek lurus berkecepatan tinggi yang diakhiri dengan heavy breaking, tikungan melengkung datar, permukaan trek yang bergelombang, sampai kontur tanah yang berbukit-bukit.

Cuaca yang tak bisa ditebak menambah tingkat kesulitan para teknisi. Kondisi cuaca bisa berubah-ubah dari pagi sampai sore. Akibatnya temperatur trek juga berubah-ubah, yang membuat pemilihan ban menjadi sangat sulit. Belum lagi perubahan arah angin pada pagi dan sore hari.
 
Meski karakteristiknya menyulitkan, tapi para pebalap sangat menyukai Sirkuit Catalunya. Alasannya apalagi kalau bukan atmosfer dari penonton yang selalu berjubel pada race weekend.

Sirkuit ini memiliki trek yang sangat teknis karena dilengkapi tikungan-tikungan yang membutuhkan pengereman sangat keras untuk menaklukannya.

Sirkuit memiliki panjang 4.727 m, dengan 8 belokan ke kanan dan 5 belokan ke kiri. Di antara 13 tikungan itu, 10 tikungan dianggap sulit, dan sebanyak 5 tikungan di antaranya akan memaksa pembalap menurunkan kecepatan hingga di bawah 100 km/jam.  Pada 10 tikungan berat itu diperkirakan pembalap akan menghabiskan waktu total 13 menit dari keseluruhan waktu balapan.

Dengan trek lurus keseluruhan sepanjang 1.047 m. Maka diperkirakan pada MotoGP Catalunya 2016 akan ada pembalap yang mampu mencapai kecepatan 350 km/jam.  

Dari 10 tikungan sulit di Catalunya, 7 dianggap berat, dan 2 dianggap cukup berat, dan satu dianggap paling sulit. Dan itu adalah tikungan Lafrenata Elf atau tikungan pertama alias R1.

Bahkan, Tikungan Pertama tersebut dianggap sebagai tikungan paling sulit di dunia dalam konteks balap MotoGP. Sebab sebelum mencapai R1, pembalap akan dilenakan dengan trek panjang lebih dari 1 km. Sehingga ketika mendekatinya, rata-rata pembalap MotoGP akan berada dalam kecepatan 340 km/jam, sementara mereka hanya memiliki waktu sekitar 5,1 detik dalam pengereman.

Pada 2009, Sirkuit Catalunya menjadi saksi salah satu balapan paling seru sepanjang sejarah MotoGP. Kala itu, Valentino Rossi bertarung dengan Jorge Lorenzo sepanjang lomba. Duel itu akhirnya dimenangi Rossi lewat sebuah manuver ciamik pada tikungan terakhir. Aksi The Doctor mendapat pujian dari para pengamat dan sesama pebalap.

Rossi merupakan pebalap tersukses di Sirkuit Catalunya. Pebalap asal Italia itu sudah enam kali menang di sana. Namun, kemenangan terakhir Rossi di Sirkuit Catalunya terjadi pada 2009 atau tujuh tahun silam.

Dalam enam balapan terakhir, pebalap Spanyol tampil dominan dengan merebut lima kemenangan. Sebanyak empat di antaranya dimenangi Lorenzo, sedangkan sisanya dikuasai Marc Marquez dan Casey Stoner (Australia).
 
Data dan Fakta Sirkuit Catalunya:

Nama: Catalunya Circuit (Circuit de Barcelona-Catalunya)
Lokasi: Montmelo, Barcelona, Catalunya, Spanyol
Panjang: 4,7 kilometer
Lebar trek: 12 meter
Trek lurus terpanjang: 1047 meter
Jumlah tikungan: 13 tikungan, 5 ke kiri dan 8 ke kanan
Pebalap paling sering menang: Valentino Rossi (6 kali)
Pole terbanyak: Valentino Rossi (4 kali)
Juara musim 2015: Jorge Lorenzo
Rekor fastest lap (2015): Aleix Espargaro (1 menit 40,546 detik)
Rekor sirkuit (2014): Marc Marquez (1 menit 42,182 detik)
Rekor pole terbaik (2015): Aleix Espargaro (1 menit 40,546 detik)
Rekor top speed (2015): Marc Marquez (347,1 km/jam)
 
(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews