Singapura Bantah Klaim Pulau Manis Funtasy Island

Singapura Bantah Klaim Pulau Manis Funtasy Island

Funtasy Island Pulau Manis yang masuk dalam peta Singapura, sebelum diganti. (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Singapura - Kementerian Luar Negeri Singapura tidak pernah mengklaim Pulau Manis Belakang Padang, Batam, Kepulauan Riau, Indonesia, adalah milik mereka. Singapura bingung dengan laporan media di Indonesia yang menyebutkan pulau rekreasi bertemakan alam itu masuk dalam peta Singapura.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Selasa malam, Singapura tidak pernah 'mengambil' kedaulatan Indonesia atas Pulau Manis", demikian bunyi pernyataan Kemenlu Singapura, seperti dikutip situs Channel News Asia, Rabu, 1 Juni 2016.

Menurut sebuah laporan dari situs Funtasy Island yang di-upload menyebutkan bahwa 30 hektare dari Pulau Manis merupakan bagian dari Singapura.

Dalam peta itu menyoroti warna pulau yang sama seperti Singapura, biru. Sejak berita menghebohkan tersebut, warna Pulau Manis diubah menjadi merah dan beberapa tulisan telah diedit.

Semula juga tidak ada nama Pulau Manis dalam peta yang diunggah Funtasy Island. 

Pulau Manis dibangun atas investasi Singapura melalui Funtasy Island Development (FID) sejak 2010. Pulau ini hanya berjarak 16 kilometer atau setengah jam saja dari negeri Singa itu dengan menggunakan kapal cepat dengan luas daratan sekitar 328 hektar.

Diketahui, FID telah mengivestasikan dananya sekitar S$300 juta (sekitar Rp3 triliun) dalam membangun Pulau Manis menjadi kawasan rekreasi berbasis alam.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews