Otak-Otak Kepri, Lezat dan Menyehatkan, Menjadi Favorit Pecinta Kuliner

Otak-Otak Kepri, Lezat dan Menyehatkan, Menjadi Favorit Pecinta Kuliner

Otak-Otak Khas Kepulauan Riau. (Foto: Putri/Batamnews)

Batam, Batamnews - Otak-otak, hidangan tradisional dari Kepulauan Riau, kian memikat para pecinta kuliner di seluruh Indonesia dengan cita rasanya yang khas dan pedas. Dibuat dari bahan-bahan segar seperti ikan tenggiri, sotong, dan dilengkapi dengan santan kelapa, hidangan ini semakin sering hadir di festival makanan dan restoran terkenal.

Resep autentik otak-otak Kepri memanfaatkan rempah-rempah lokal dan dibungkus dengan daun kelapa atau nipah, kemudian dibakar atau dipanggang di atas arang. Proses memasak ini memberikan rasa kering dan pedas serta aroma ikan berasap yang khas, yang membuat setiap suapan otak-otak meledak dengan rasa yang kaya dan lezat.

Baca juga: Pasar Kaget Batam, Surga Belanja Thrifting yang Ramai dan Menarik

Selain dikenal lezat, otak-otak juga dikenal sebagai makanan sehat. Ikan tenggiri yang digunakan merupakan sumber protein yang baik serta kaya akan asam lemak omega-3, sementara santan kelapa menambahkan kandungan lemak nabati yang sehat. 

Otak-otak sering kali disajikan sebagai snack di saat santai atau sebagai pembuka sebelum hidangan utama, yang menjadikannya pilihan yang sempurna untuk berbagai kesempatan.

Popularitas otak-otak telah meningkat tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di panggung internasional, menempatkannya sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang patut dibanggakan dan dicoba. Keunikan dari resep otak-otak Kepri telah berhasil merebut hati banyak pecinta kuliner di seluruh dunia.

Penulis: Putri Roito Sitorus


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews