Kebakaran Kapal Alexindo 8 di Perairan Batu Ampar, Diduga Akibat Konsleting Listrik

Kebakaran Kapal Alexindo 8 di Perairan Batu Ampar, Diduga Akibat Konsleting Listrik

Kapal Alexindo 8 yang sedang berlabuh di pelabuhan tersebut dilanda kebakaran yang diduga disebabkan oleh konsleting listrik.

Batam, Batamnews - Sebuah insiden kebakaran kapal terjadi di Perairan Batu Ampar, Pelabuhan Bintang 99, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam pada Rabu, 21 Februari 2024. Kapal Alexindo 8 yang sedang berlabuh di pelabuhan tersebut dilanda kebakaran yang diduga disebabkan oleh konsleting listrik.

Wakil Komandan Kapal Parigesit 7009 Satpolair, AKP Agung Pribadi, mengungkapkan bahwa kebakaran tersebut terjadi di bagian atas atap kapal saat sedang anker. 

"Kebakaran terjadi karena konsleting di bagian atas atap, yang pertama kali mengetahui adalah koki, lalu koki berteriak memanggil ABK lain untuk segera memadamkan api," jelasnya.

Baca juga: Insiden Kebakaran Kapal Alexindo 8 di Perairan Batu Ampar, Berikut Data ABK Selamat

Kapal Alexindo 8 yang bertujuan ke Batu Ampar - Tanjung Priuk ini mengangkut 15 orang Anak Buah Kapal (ABK) dan muatan kontainer. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, koki kapal dilaporkan mengalami luka bakar ringan.

"Kondisi kapal pada bagian anjungan sudah habis terbakar," tambah AKP Agung Pribadi.

Untuk penanganan kebakaran, tim yang dikerahkan ke lokasi meliputi Tim SAR Gabungan, petugas BKO Polisi yang bertugas di Kepri, personil Bakamla dari KN Ular Laut, Polda Kepri, Basarnas, dan TB Megamas Sky untuk pemadaman api.

Saat ini, kapten kapal, chief, dan koki menjadi saksi utama atas kejadian tersebut. Proses penyelidikan masih terus berlanjut untuk mengetahui secara pasti kronologis kejadian dan penyebab kebakaran kapal tersebut.

Baca juga: Kapal Kargo Terbakar di Perairan Batu Ampar Batam, Petugas Berupaya Padamkan Api 

"Untuk penyelidikan, kita ambil kapten, chief, dan koki untuk dimintai keterangan, dan setelah itu kami akan melakukan tahapan lanjutan," ujar AKP Agung Pribadi.

Korban dari kejadian tersebut kemudian diserahkan kembali kepada PT. Alexindo Yakin Prima. Berikut ini adalah daftar anggota kapal Alexindo 8 yang terlibat dalam insiden tersebut:

1. Joko Sampir - Nahkoda
2. Purhandi Supradipta - Mualim I
3. Ahmad Misbahul - Mualim II
4. Robert Tarigan - KKM
5. Joshua Yudika - Masinis II
6. Daniel Firdaus - Masinis III
7. Agustinus Husein - Bosun
8. Bal Rifqi - AB
9. Syarul Ali - AB
10. Muhammad Chory - AB
11. Rifky Seprianto - Oiler
12. M. Filzah Ahnaf - Oiler
13. Haris Saputra - Oiler
14. Relly Putirulan - Kadet
15. Choirul - Koki


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews