Normalisasi Sungai Sail, Pemko Pekanbaru Operasikan Ekskavator Ampibi pada 2024

Normalisasi Sungai Sail, Pemko Pekanbaru Operasikan Ekskavator Ampibi pada 2024

Pemko Pekanbaru akan terima ekskavator ampibi. (Foto: dok.Pindad)

Pekanbaru, Batamnews - Ekskavator ampibi milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru siap dioperasikan pada Januari 2024. Satu unit eksavator tersebut menjadi andalan nantinya untuk melakukan normalisasi Sungai Sail. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah mengatakan, alat berat tersebut akan tiba di Pekanbaru bulan Desember mendatang. 

"Ekskavator ampibi ini harus dilakukan pemeriksaan dulu. Itu makan waktu dua minggu. Kalau tibanya Desember 2023, diperkirakan Januari 2024 sudah bisa dioperasikan," jelas Edward kepada wartawan, Selasa, 21 November 2023.

Baca juga: BRK Syariah Dianugerahi Penghargaan Pembangunan Sektor Keuangan di Hari Jadi Ke-20 Lingga

Dari penuturan Edward, tidak hanya eksavator ampibi saja dibeli Pemko Pekanbaru, ada dua unit eksavator mini baru bakal beroperasi melakukan normalisasi di Pekanbaru. 

Dua unit eksavator mini ini, sebut Edward, kegunaannya untuk normalisasi oleh pasukan kuning Dinas PUPR Pekanbaru di lapangan nantinya. 

"Kalau ekskavator ampibi untuk normalisasi sungai. Ekskavator mini ini untuk drainase nantinya. Normalisasi itu yang segera dilakukan, agar tidak terjadi banjir atau genangan air di Pekanbaru," ungkap dia. 

Baca juga: Penggalangan Dana Palestina Terkumpul Rp11,165 Miliar di Riau 

Edward juga menjelaskan, penanganan banjir jangka pendek saat ini masih terus dilakukan Pemko Pekanbaru. Dengan membersihkan saluran pembuangan air di daerah rawan banjir. 

"Jadi, walaupun belum bisa menggunakan ekskavator ampibi secara langsung, kami tetap melakukan penanganan banjir jangka pendek," pungkasnya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews