Desa Binaan Dianugerahi Sertifikat Proklim Utama, RAPP Dinilai Berkonstribusi Terhadap Lingkungan

Desa Binaan Dianugerahi Sertifikat Proklim Utama, RAPP Dinilai Berkonstribusi Terhadap Lingkungan

Penyerahan sertifikat Proklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK). 

Jakarta, Batamnews - Desa binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) memperoleh sertifikat Proklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK). 

Proklim adalah Program Kampung Iklim yang merupakan program lingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK). 

Penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) Utama atas kontribusinya dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. 

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim. 

Penganugerahan Proklim 2023 merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada daerah yang telah berperan aktif dalam pelaksanaan Proklim. 

Desa Delik Kabupaten Pelalawan di Provinsi Riau menerima penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar, di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jakarta Pusat pada Selasq, 25 Oktober  2023. 

Melalui kegiatan Proklim tersebut, RAPP secara berkelanjutan terus mendukung upaya pemerintah pusat dan provinsi melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). 

Diantaranya, mendukung dengan memperkuat aksi nyata atas dampak perubahan iklim untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim. 

Kepala Desa Delik Saiman merasa bangga dan terhormat mewakili Kabupaten Pelalawan saat menerima langsung penghargaan Proklim dari Menteri LHK. 

"Peran RAPP dalam program proklim ini sangat luar biasa, karena kami dibantu dari awal sampai dengan akhir program ini. Bantuannya baik berupa dana, tenaga dan pikiran sehingga Desa Delik bisa berhasil meraih penghargaan ini," jelas Saiman. 

Selain itu, Saiman menambahkan program Proklim dijalankan melalui program Community Development (CD) sangat baik lewat bantuan bibit buah-buahan, pohon pelindung serta tanaman apotek hidup. 

Tak hanya itu, penghargaan ini menjadi titik awal bagi pemerintah desa yang dipimpinnya untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan demi menjaga kelestarian lingkungan. Sehingga, lewat program-program yang dibuat oleh pemerintah daerah dan perusahaan tetap memberikan dukungan dan bantuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Delik. 

"Saya atas nama pemerintah desa mengucapkan terima kasih kepada pihak PT RAPP yang telah membantu program Proklim ini. Kami berharap program-program dari perusahaan tetap berjalan," ujarnya. 

Sementara itu, Manajer Operasional CD PT RAPP Sundari Berlian mengatakan perusahaan memiliki komitmen untuk mendukung pemerintah melalui program Proklim ini, dalam rangka upaya pengembangan potensi di Desa. Di desa binaan terdiri dari kegiatan adaptasi, mitigasi dan penguatan kelompok masyarakat. 

Untuk mendukung kegiatan adaptasi, masyarakat telah melaksanakan program kawasan rumah pangan lestari (KRPL) dimana dalam program ini masyarakat melaksanakan budidaya pertanian hortikultura yang ramah lingkungan dengan memaksimalkan pemanfaatan pekarangan. 

“Kami berharap kegiatan ProKlim bisa membawa dampak positif kepada masyarakat terutama di Desa Delik, dan memotivasi masyarakat Desa lainnya di Kabupaten Pelalawan," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews