8 Hal Unik yang Bisa Ditemukan di Batam

8 Hal Unik yang Bisa Ditemukan di Batam

Kota Batam. (foto: ist/jalan2.com)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pulau Batam memang unik. Terkadang ada hal-hal yang tidak dijumpai di daerah lain di pulau yang berdekatan dengan Singapura ini.

Berikut sejumlah hal yang bisa ditemui di Batam.

1. Barang-barang fashion impor

Tidak dipungkiri Batam merupakan sumber dari berbagai barang fashion impor yang ada di Indonesia. Barang-barang ini didatangkan dari Cina, Korea, dan Taiwan. Tas, jam tangan, parfum, pakaian, sepatu, dan sebagainya.

Semuanya tersedia dengan berbagai merk seperti LV, Burberry, Hermes. Kualitasnya pun beragam dari KW3 hingga original. Yang paling menggoda tentu harganya, inilah alasan utama wanita dan pria metroseksual berkunjung ke Batam untuk berburu barang-barang bermerek.
Bahkan, sebagian warga Singapura dan Malaysia sengaja berbelanja barang-barang bermerek ke Batam karena harga miring.

2. Elektronik dan gadget

Saking identiknya dengan elektronik dan gadget, Batam sering diatasnamakan oleh berbagai penipuan online, padahal penipu tersebut tidak berlokasi di Batam. Mall Nagoya Hill dan Lucky Plaza merupakan tempat favorit bagi siapa saja yang ingin membeli, handphone, komputer dan kamera. Ada puluhan penjual di sini, line-upnya sangat lengkap.

Harganya sangat bervariasi, harus pintar menawar dan jangan menawar di satu toko. Kualitasnya pun bisa ditanyakan agar tidak tertipu.

3. Wisata pantai

Sebagai sebuah pulau kecil, kemanapun kita pergi kita akan selalu dekat dengan pantai.
Sangat banyak pantai di sini, namun tidak semuanya dapat dikunjungi sebagai tempat wisata. Sebagian menjadi pelabuhan, shipyard, daerah industri, hingga rumah penduduk.

Wisata pantai Ocarina merupakan yang paling mudah untuk diakses karena letaknya yang sangat dekat dengan pusat kota Batam Center. Pantai-pantai yang lebih indah banyak terdapat di daerah Nongsa dan pantai-pantai tersebut dikelola oleh resort-resort internasional.

4. Kehidupan dan hiburan malam

Kehidupan dan hiburan malam merupakan salah satu daya tarik utama Kota Batam, terutama bagi wisatawan mancanegara. Anda akan sangat mudah menemukan diskotek, pub, bar dan karaoke. Selain itu, di Batam terkenal dengan kehidupan malam dan wanita-wanita malam.

5. Mobil impor murah dan brand new

Di Batam Anda akan melihat mobil-mobil impor mewah berseliweran yang jarang dijumpai di kota-kota lain di Indonesia. Honda Fit 1.3, Honda CR-Z, Subaru Forester, Nissan 370Z, Subaru Legacy, Nissan GT-R, Range Rover Evogue, bahkan hingga Lamborghini Aventador bisa anda temukan di pulau yang baru seumur jagung ini. Harganya cukup murah bisa dibandingkan dengan di Jakarta atau kota lainnya dikarenakan bebas dari PPN dan PPN BM.

Harga kendaraan impor di sini lebih murah 20-25% dari harga kendaraan impor di Jakarta.
Contohnya Ducati Monster 795 dijual Ducati Batam dengan banderol Rp 175 juta sementara di Jakarta menjual dengan harga Rp 215 juta. Toyota 86 dijual dengan harga Rp 475 juta, sementara di Jakarta harganya sekitar Rp 600 juta. Tapi mobil-mobil impor ini tidak bisa dibawa ke luar Batam. Kalau mau ke luar pulau, bayar dulu PPN dan PPN BM-nya.

6. Kawasan industri seperti kota dalam kota

Batam juga dikenal sebagai pulau industri, di pulau ini banyak ditemukan kawasan industri yang di dalamnya terdapat ratusan hingga ribuan perusahaan. Rata-rata adalah perusahaan elektronik seperti Epson, Siemens, Panasonic, dan lain-lain. Ada juga kawasan industri yang sudah menyediakan semua kebutuhan pekerja seperti asrama, pasar, mall, tempat hiburan dan olahraga dan lainnya. Seperti kota dalam kota.

7. Jalanan yang lebar mirip luar negeri

Sebagian orang menganggap jalanan di Batam mirip jalan di luar negeri. Sebanyak 80 persen jalanan di Batam terdiri dari dua jalur yang masing-masing memiliki 2-4 ruas jalan.

Jalanan di sini bisa mencapai 10 km tanpa hambatan lampu lalu lintas. Tidak ada bangunan yang boleh berdiri tepat di pinggir jalan utama dan protokol, badan jalanpun masih sangat lebar sehingga tidak perlu terganggu oleh kemacetan yang diakibatkan oleh kendaraan yang parkir sembarangan.

8. Warganya keluar masuk Singapura tiap hari

Bagi sebagian warga Batam, jalan-jalan ke Singapura dan Malaysia bukan hal yang terlalu membanggakan. Bahkan, ada warga yang tiap hari keluar masuk Singapura. Pergi pagi, sore sudah pulang ke Batam. Ada yang kerja, dagang atau lainnya.

Jarak Singapura-Batam berjarak +/- 20 km dengan waktu tempuh bervariasi dari 40-60 menit, tergantung dari pelabuhan mana Anda berangkat. Harga tiket ferry juga bervariasi, mulai dari 10 SGD hingga 15 SGD, tiket tersebut merupakan satu paket perjalanan pulang-pergi dan belum termasuk port tax.

(ind/berbagai sumber)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews