Dankodiklatal Melantik Ratusan Siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan XLIII

Dankodiklatal Melantik Ratusan Siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan XLIII

Komandan Lantamal IV Batam, Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, menghadiri upacara pelantikan dan pengambilan sumpah 250 Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba)(ist)

Batam, Batamnews - Komandan Lantamal IV Batam, Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, menghadiri upacara pelantikan dan pengambilan sumpah 250 Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut angkatan ke-43 tahun 2023 di Satuan Pendidikan (Satdik) 1 Tanjunguban, Kepulauan Riau, pada Kamis (20/7/2023). 

Upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal), Letjen TNI Mar Suhartono.

Pada kesempatan tersebut, Dankodiklatal secara resmi melantik dan mengambil sumpah 100 siswa Dikmaba dan 150 siswa Dikmata Angkatan XLIII Tahun 2023 dari Satdik 1 Tanjung Uban.

Baca juga: Gubernur Ansar Mendorong Pelajar Kepri Tidak Minder dan Siap Bersaing

Dalam amanatnya, Dankodiklatal menekankan agar para siswa yang baru dilantik tidak larut dalam kebanggaan menjadi anggota TNI AL. Meskipun telah menyandang pangkat Sersan Dua dan Kelasi Dua, mereka masih harus menyadari bahwa status mereka sebagai siswa dan memiliki tugas pendidikan yang harus diselesaikan dengan baik.

Selain itu, Dankodiklatal juga menekankan pentingnya menjaga pola sikap dan tindakan untuk menghindari pelanggaran yang dapat mengakibatkan sanksi dan hambatan dalam pendidikan, terutama terkait faktor moral, kepribadian, dan kesamaptaan jasmani.

"Tetaplah disiplin dan patuhi peraturan yang berlaku serta semangat untuk mengikuti seluruh materi pendidikan yang diberikan. Dengan begitu, kalian akan menjadi prajurit TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh, menjadi kebanggaan bagi masyarakat, bangsa, dan negara serta siap melaksanakan tugas di satuan ataupun di daerah operasi," ucapnya.

Baca juga: Menko Polhukam Mahfud MD Santai Hadapi Gugatan Panji Gumilang

Dankodiklatal juga memberikan pesan agar para siswa terus mengasah kemampuan dan kecerdasan mereka untuk persiapan Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan (Diksargolan) selama sekitar 2 bulan sebelum ditugaskan di satuan, KRI, atau daerah operasi.

Turut hadir dalam upacara pelantikan tersebut Dirdik Kodiklatal, Dirum Kodiklatal, Ir Pangkogabwilhan I, Kapok Sahli Pangkoarmada I, Danrem 033/WP, Danlantamal I, II, dan XII atau yang mewakili serta jajaran Forkopimda Kepulauan Riau.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews