Jangan Salah Sangka, AC Mobil Kurang Dingin Bukan Selalu Karena Freon

Jangan Salah Sangka, AC Mobil Kurang Dingin Bukan Selalu Karena Freon

AC mobil kurang dingin tidak selalu karena kehabisan freon, mungkin saja ada bagian yang lain yang rusak (ilustrasi)

Batam - Agar tidak kepanasan saat arus balik nanti, pastikan AC mobil berfungsi dengan baik. Jangan sampai ditengah perjalanan, tiba-tiba AC mobil tidak berfungsi.

Seringkali pada kondisi begini, kita menganggap bahwa AC mobil yang kurang dingin disebabkan oleh kekurangan freon. Padahal, kurang dinginnya AC mobil belum tentu disebabkan oleh freon yang kurang atau habis.

Baca juga: Cuti Berakhir, Pegawai Pemko Batam Wajib Masuk Kerja Mulai Besok

Salah seorang montir spesialis AC mobil, Adi yang juga pemilik bengkel Adi Jaya menyebutkan masalah kurang dinginnya AC mobil bisa disebabkan oleh evaporator yang terlalu kotor. 

"Evaporator yang tertutup kotoran dan debu ini membuat hembusan udara ke kabin jadi terhalang," jelas Adi seperti dilansir otomotifnet

Baca juga: Mengapa Penting Menjaga Tekanan Angin Ban pada Batas Normal yang Disarankan? Ini Jawabannya

"Udara yang dihasilkan blower tidak melewati kisi-kisi evaporator dengan maksimal, jadinya AC mobil terasa kurang dingin," tambahnya.

Evaporator kotor umumnya disebabkan oleh sirkulasi udara di dalam kabin mobil yang tidak baik. Ini sering terjadi setelah mobil digunakan selama 2 sampai 3 tahun.

Baca juga: Arus Balik Mudik Lebaran Padati Pelabuhan Karimun, Keberangkatan Kapal Dipercepat

"Kalau mobil dipakai rutin, sekitar 2 sampai 3 tahun evaporator pasti mulai kotor," ungkap Adi yang bermarkas di Jl. Juanda, Depok.

Baca juga: 9 Hidden Gems Batam yang Jarang Diketahui Wisatawan

Solusinya adalah dengan membongkar bagian evaporator dan membersihkannya dengan baik. Evaporator yang kotor harus dicuci agar kisi-kisi tidak tertutupi kotoran lagi. Selain itu, juga perlu diperiksa apakah ada kebocoran di evaporator yang menyebabkan freon bocor.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews