Tinggalkan Peran Manusia, SPBU di Finlandia Kembangkan Sistem Isi BBM Pakai Robot

Tinggalkan Peran Manusia, SPBU di Finlandia Kembangkan Sistem Isi BBM Pakai Robot

Pengoperasian robot dalam layanan SPBU yang dikembangkan oleh Autofuel. (Foto: Autofuel)

Helsinki - Autofuel Systems mengembangkan sistem pengisian bahan bakar di SPBU menggunakan robot. Dengan sistem ini, peran manusia sudah tak diperlukan lagi.

Oddity Central melaporkan bahwa pom bensin Neste di Finlandia saat ini menjadi satu-satunya tempat di dunia yang memungkinkan pengemudi mengisi mobil mereka dengan bantuan robot.

Ini adalah proyek percontohan oleh Autofuel untuk menguji sistem pengisian bahan bakar futuristiknya. Lengan robot yang dapat mendeteksi pintu tangki bahan bakar mobil, memilih jenis bahan bakar yang tepat, dan mengoperasikan pompa tanpa bantuan manusia.

Lengan robotik generasi ketiga Autofuel telah diuji selama lebih dari satu tahun dan perusahaan Denmark berencana untuk memulai pengujian publik akhir tahun ini.

Meski butuh waktu lama untuk menjadi arus utama, Autofuel yakin inovasi robotik akan sangat berharga saat kendaraan otonom benar-benar diluncurkan.

Autofuel mulai berperan dalam solusi pengisian bensin mobil robot pada tahun 2018.

Gagasan utama dari proyek ini adalah untuk mengurangi potensi paparan bahan kimia berbahaya, dan komponen bahan bakar di stasiun baik untuk karyawan maupun pelanggan.

Namun, ada manfaat lain ketika layanan robotik digunakan untuk melakukan semua pekerjaan termasuk kenyamanan dan kemudahan, serta keamanan di area yang mungkin membuat orang enggan meninggalkan kendaraannya.

Selain itu, penggunaan robot juga membantu Penyandang Disabilitas (OKU) yang tidak bisa mengisi bensin kendaraannya sendiri.

“Mengisi bensin secara manual membutuhkan perhatian penuh dari pengemudi.

“Sistem Autofuel tidak membutuhkan manusia, melainkan memungkinkan mereka pergi ke toko untuk minum kopi atau istirahat sejenak sementara mobil diisi bensin.

"Teknologi kami bertujuan untuk menyediakan pelanggan dengan kenyamanan dan keamanan maksimal di SPBU," kata Jonas Thor Olsen, CEO Autofuel.

Solusi Autofuel terdiri dari lengan robot modular di dalam pompa bahan bakar, serangkaian sensor dan kamera untuk mendeteksi nomor registrasi kendaraan sehingga sistem dapat mengidentifikasi jenis bahan bakar yang dibutuhkan.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews