Malaysia Pamerkan Produk Ekonomi Kreatif di Batam, Buka Peluang Investasi

Malaysia Pamerkan Produk Ekonomi Kreatif di Batam, Buka Peluang Investasi

Pengunjung melihat produk UMKM Malaysia yang dijual dalam MARA Batam International Exhibition 2023. (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam, Batamnews - Pameran produk ekonomi kreatif (ekraf) dan pariwisata dari Malaysia bertajuk MARA Batam International Exhibition 2023 (MbEX23) resmi dibuka di Mega Mall, Batam Center Jumat (27/1/2023). Ajang ini digelar hingga 29 Januari 2023 mendatang.

Acara yang merupakan kerjasama Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam bersama Majelis Amanah Rakyat (MARA) Malaysia ini menjadi momentum mengenalkan produk Negeri Jiran sekaligus membuka kesempatan investasi. 

Di sisi lain, pameran ini juga memberikan kesempatan kepada produk ekraf dan pariwisata Batam untuk dikenal dan dikerjasamakan dengan produk negeri tetangga tersebut. 

Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, meresmikan MBEX 2023 ditandai dengan pemukulan kompang bersama dengan Timbalan Ketua Pengarah Keusahawanan MARA Malaysia, Hasrat Dato’ Zulfikri Bin Osman. 

Baca: Batamnews Sabet Penghargaan Media Peduli Pedagang dan UMKM

MBEX 2023 ini digelar MARA Malaysia dengan menngikutsertakan 50 pengusaha se-Malaysia.

"Batam kini menjadi salah satu penyumbang wisatawan mancanegara terbanyak di Indonesia. Kedatangan para pengusaha dari Malaysia ini menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan pariwisata Batam," ujar Rudi.

Ia berharap, dengan event ini, hubungan erat antara Batam dan Malaysia ini makin kokoh dan ke depan dan kerja sama ekonomi maupun pariwisata terus terjalin.

"Hari ini 50 pengusaha ke Batam, mungkin ke depan 70 pengusaha Batam yang ke Malaysia," katanya.

Rudi menegaskan, hubungan kedua wilayah ini  sangat penting. Ia pun menekankan bahwa saat ini penangan Covid-19 di Batam tergolong sangat baik di Indonesia. Selain itu, terkait keamanan juga dipastikan oleh Rudi.

"Mari jaga kerja sama ini demi ekonomi melejit dan pariwisata bangkit," katanya.

Sementara itu, Timbalan Ketua Pengarah Keusahawanan MARA Malaysia,  Dato’ Zulfikri Bin Osman, mengapresiasi Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, yang sudah mendukung suksesnya MBEX 2023.

Baca: Mantap Wak! UMKM Kepri Go Internasional Tampil di Paris

Ia berharap, dengan kegiatan ini, hubungan antara Malaysia dan Indonesia, khususnya Batam makin baik dan sama-sana bisa memaksimalkan potensi masing-masing wilayah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan bahwa kegiatan pameran ini menjadi momentum untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif dan pariwisata Malaysia dan Batam.

"Semoga kerja sama yang disepakati ini terus berlanjut demi produk kreatif dan pariwisata antar Batam dan Malaysia," ucapnya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews