Menyeruput Segarnya Soto Batok Khas Yogyakarta di Batam

Menyeruput Segarnya Soto Batok Khas Yogyakarta di Batam

Sajian Soto Batok khas Yogyakarta yang kini bisa dinikmati di Batam. (Foto: Juna/batamnews)

Batam, Batamnews - Banyak yang belum tahu salah satu makanan khas Yogyakarta, yakni Soto Batok ada di Kota Batam, Kepulauan Riau. 

Soto Batok, sesuai dengan namanya, makanan ini menggunakan batok kelapa sebagai pengganti mangkok. Isinya ada bihun, kol, taoge dan irisan daging sapi.

Kuahnya sama seperti soto pada umumnya. Namun karena disajikan dalam batok kelapa, ada aroma dan cita rasa khas yang menggugah, terlebih jika dinikmati di saat musim hujan.

"Mangkoknya sampai tempat sambalnya itu original, asli dari batok kelapa. Ini soto khas Jogja," kata pemilik Soto Batok Eling Ndeso, Lukas Wahyudi, Rabu (7/11/2022).

Baca: Warung Kwali Soto dan Musik Klasik

Lukas menyebut, soto itu dibuat untuk masyarakat Pulau Jawa khususnya Yogyakarta yang rindu kampung halaman. Dengan makan Soto Batok, setidaknya kerinduan akan kampung halaman bisa sedikit terobati. 

"Target awalnya memang untuk masyarakat Jogja di Batam. Namun seiring berjalannya waktu, saudara-saudara kita dari Pulau Sumatera dan lain-lain juga banyak yang suka Soto Batok ini," ujar dia.

Baca: Soto Ayam Kampung Warung DePublic Barelang yang Super Lezat

Anda cukup merogoh kocek mulai dari Rp 8 ribuan, sudah bisa menikmati soto ini. 

Bagi yang penasaran, lokasi Soto Batok Eling Ndeso ini ada di kawasan Batu Besar. Tak jauh dari RS Bhayangkara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews