4 Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor saat Hujan

4 Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor saat Hujan

Ilustrasi.

Batam - Hujan mengguyur Kota Batam, Kepulauan Riau sejak pagi hari pada Sabtu (19/11/2022). Guyuran hujan dengan intensitas sedang terpantau merata di wilayah Batam.

Sejumlah kawasan tampak genangan air, terutama di jalan. Kondisi ini patut diwaspadai oleh pengendara, khususnya yang membawa sepeda motor. 

Saat musim hujan, jalanan rawan becek dan licin. Hal itu sangat membahayakan pengendara sepeda motor apabila mereka tidak mempersiapkan diri.

Berikut 4 tips aman berkendara sepeda motor ketika musim hujan seperti dilansir Suara.com. Simak selengkapnya!

1. Cek kondisi sepeda motor

Cek kondisi sepeda motor mulai dari bensin, kondisi ban, kondisi rem depan dan belakang, lampu motor, atau bagian fisik motor lainnya. Segera perbaiki apabila ada bagian yang dirasa rusak atau mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Hal tersebut untuk meminimalisir kejadian tidak diinginkan saat berkendara ketika hujan turun misalnya terpeleset karena ban sudah aus dan gundul, rem blong, atau kejadian buruk lainnya.

2. Persiapkan jas hujan atau payung lipat

Persiapkan jas hujan di dalam bagasi atau bawa payung lipat yang bisa dibawa kemana saja. Sehingga, kamu tidak akan kehujanan meskipun saat berjalan kaki menuju parkiran misalnya. Jangan lupa untuk menjemur jas hujan setelah sampai ke tempat tujuan agar tidak bau dan berjamur.

3. Bawa tas kresek dan sandal

Sediakan tas kresek yang cukup untuk membawa sepatumu saat musim hujan. Tak jarang orang merasa risih dan khawatir karena sepatu mereka basah lantaran akan digunakan keesokan harinya. Oleh karena itu, bawa pula sandal yang tahan air sebagai pengganti sepatu untuk digunakan saat hujan turun.

4. Jangan ngebut

Saat hujan turun begitu deras biasanya jarak pandang mata akan terganggu atau tidak terlihat jelas. Oleh karena itu, jangan mengebut demi keselamatan diri sendiri dan orang lain. Selain itu, hal ini juga untuk mengantisipasi terpeleset karena jalanan yang basah, berlumpur, atau licin.

Saat air hujan mulai menggenang, biasanya juga tidak terlihat ada kubangan atau jalanan yang rusak. Oleh karena itu, kita perlu lebih hati-hati saat berkendara sepeda motor ketika musim hujan.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews