Nelayan Tangkap Ikan Kerapu Raksasa 143 Kg di Laut Buton

Nelayan Tangkap Ikan Kerapu Raksasa 143 Kg di Laut Buton

Penampakan ikan kerapu raksasa 143 kg yang ditangkap nelayan di Buton (Dok. Istimewa)

Buton - Seekor ikan kerapu raksasa di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) ditangkap nelayan menggunakan panah. Ikan raksasa tersebut seketika membuat warga geger dan viral di media sosial.

 

Sebuah video beredar menunjukkan penampakan ikan kerapu raksasa dengan bobot 143 kilogram itu tengah digantung warga di pohon menggunakan seutas tali. Tampak kulit ikan kerapu raksasa itu didominasi warna cokelat dengan sejumlah bintik putih.

Kemudian terlihat sejumlah warga dari kalangan emak-emak, pria dewasa hingga anak kecil berkumpul mengelilingi ikan kerapu raksasa tersebut. Potongan video diakhiri dengan aksi warga berfoto di samping ikan kerapu raksasa.

Selanjutnya terdapat sebuah foto saat ikan kerapu raksasa itu tertangkap di lautan. Ikan raksasa tersebut tampak diikat menggunakan tali.

Terlihat juga panah di bagian kepala ikan kerapu raksasa. Selanjutnya terlihat seorang nelayan menggunakan peralatan menyelam yang berfoto di samping ikan raksasa tersebut.

Untuk diketahui, ikan kerapu raksasa ini ditangkap di Perairan Desa Wasuemba, Kecamatan Wabula, Buton pada Selasa (31/5/2022). Ikan raksasa ditangkap oleh dua orang nelayan.

"Jadi masyarakat yang turun panah-panah ikan. Pemanah dari (Kecamatan) Pasarwajo dengan temannya nelayan bernama Syarif Wali dari Wasuemba," ujar Bhabinkamtibmas Wasuemba Bripka La Sahari via detikcom, Rabu (1/5/2022)

La Sahari mengakui, ikan kerapu raksasa itu memang membuat warga seketika heboh. Ukurannya yang terbilang raksasa dibandingkan ikan kerapu pada umumnya menjadi alasan warga berbondong-bondong menyaksikan.

"Wah kalau masyarakat heboh sekali lihat itu ikan besar," katanya.

Ikan Raksasa Laku Dijual Rp 2,4 Juta

 

Sementara itu, nelayan penangkap kerapu raksasa bernama Haris mengatakan dia dan rekannya sudah menjual kerapu raksasa tersebut. Ikan raksasa itu dijual kepada pengepul ikan dengan harga Rp 2,4 juta.

"Tadi malam kita timbang di Triko (perusahaan pengepul ikan) beratnya itu 143 kilogram," kata Haris.

Ikan kerapu raksasa tersebut dijual Haris di Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton. Haris bersama rekannya awalnya ditawari harga Rp 20 ribu per kilogram.

Namun tak berselang lama kemudian pengepul ikan tersebut tiba-tiba mengajukan harga baru. Tetapi harga yang ditawarkan lebih murah dari tawaran sebelumnya.

"Beberapa menit kemudian harganya berubah jadi Rp 17 ribu per kilogram. Jadi saya terima uang tadi malam itu Rp 2,4 juta semua," ujarnya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews