Komik Batman Pertama Terjual Seharga Rp 25 Miliar

Komik Batman Pertama Terjual Seharga Rp 25 Miliar

(Foto: ist via SoundCloud)

Washington - Salinan lama yang melihat karakter Batman muncul untuk pertama kalinya dalam komik yang diterbitkan pada tahun 1939 dilelang dengan rekor tawaran US $ 1,74 juta atau lebih dari Rp 25 miliar.

Detective Comic No. 27, yang menampilkan petualangan unik Batman di halaman depannya, merupakan tanggapan terhadap karakter superhero Superman yang muncul di Action Comic No. 1 yang diterbitkan 11 bulan sebelumnya, menurut agen lelang, Goldin Auctions.

Enam halaman saja. Itu cukup untuk melihat karakter superhero Batman tumbuh menjadi legenda cerita rakyat dan dapat dipasangkan dengan penghibur budaya yang mendirikan seni Amerika, berputar di sekitar Wayne Manor, United Press International (UPI) melaporkan mengutip pernyataan agensi.

Salinannya adalah salah satu dari 36 sampel yang diperoleh dari komik Zaman Keemasan dan hanya enam salinan lainnya yang memiliki nilai lebih tinggi yaitu 6,5.

Bagi penggemar dan kolektor koleksi komik, item tersebut dianggap kitab suci dalam kategori komik dan menjadi edisi pertama yang memulai karakter Batman serta menjadi sumber kegemaran bagi superhero, Pendiri dan Ketua Eksekutif Lelang Goldin Ken Golden mengatakan kepada CNN .

Sejak edisi diterbitkan, Batman telah berkembang menjadi lebih dari sekedar karakter kartun. Ini benar-benar berkembang menjadi simbol harapan masyarakat dan alasan mengapa kolektor ingin memilikinya.

Menurut UPI, penjualan tersebut terjadi pada sesi lelang barang-barang termasuk kendaraan yang pernah dimiliki oleh mendiang rapper terkemuka, Tupac Shakur, kemeja yang pernah dikenakan oleh artis Prince dan kartu SIM tahun 1966 yang ditandatangani oleh penyanyi Jim Morrison.

(dod)

Berita Terkait