6 Cara Bikin Baterai HP Awet dan Anti Boros

6 Cara Bikin Baterai HP Awet dan Anti Boros

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Melihat mobilitas penggunaan HP yang semakin meningkat, sebaiknya Anda mengetahui cara agar baterai HP awet dan tahan lama. Sebab, saat ini tak sedikit orang yang sering mengeluhkan baterai HP-nya boros atau mudah habis. 

Hal ini tentu saja disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari penggunaan HP yang kurang tepat, usia HP yang sudah lama, hingga pengaruh sistemnya.

Dilansir dari detikINET, berikut cara menghemat baterai HP ketika dibutuhkan.

Baca juga: Elon Musk Siapkan Rp 625 Triliun untuk Ambil Alih Twitter

1. Pakai WiFi jika ada

Terhubung ke internet menggunakan jaringan WiFi akan mengirit pemakaian baterai HP ketimbang memakai jaringan seluler. Apabila ada jaringan WiFi yang bisa dipakai, sebaiknya dimanfaatkan saja.

2. Brightness diturunkan

Apakah tingkat kecerahan layar sangat tinggi? Kalau iya, coba turunkan. Kamu bisa mengaktifkan sistem otomatis supaya kamu tidak perlu mengatur manual dan memudahkan. Jika ingin lebih hemat, pastikan brightness layar sudah sangat gelap.

3. Batasi pemakaian aplikasi

Jangan gunakan aplikasi yang menonjolkan grafis atau audio saat memang ingin menghemat baterai. Stop dulu bermain Candy Crush untuk mengisi waktu luang demi baterai yang tahan lama.

4. Download aplikasi battery saving

Banyak aplikasi yang bisa melacak performa ponsel pintar dan menganalisis faktor yang membuat baterai HP kamu cepat habis. Contoh aplikasinya BetterBatteryStats atau Battery HD+.

Baca juga: Duh, Puluhan Ribu Data Pengguna Web Pajak, BKN hingga Prakerja Bocor

5. Airplane mode

Beralih ke airplane mode bukan hanya saat berpergian dengan pesawat terbang, tapi ini bisa dipakai juga untuk menghemat baterai. Kamu tidak akan bisa menerima pesan atau telepon dan terhubung ke internet tetapi hanya bisa menggunakan ponsel untuk hal yang kalian inginkan.

6. Matikan 'lokasi'

Layanan lokasi menggunakan GPS untuk melacak lokasimu penting diaktifkan untuk mengamankan HP kamu, tapi ini juga makan baterai. Kamu bisa menggunakannya kalau kamu benar-benar tidak tahu arah atau di mana posisimu berada, tapi kalau sedang kepepet, coba matikan.

Cara lain yang bisa kamu terapkan adalah mengurangi push notification aplikasi di ponsel atau email yang memakan daya ponsel.

(ruz)