Getaran Gempa dari Sumbar Terasa Sampai Batam

Getaran Gempa dari Sumbar Terasa Sampai Batam

ilustrasi

Batam, Batamnews - Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022) pagi. Getaran gempa bahkan dikabarkan sampai ke Batam.

Salah seorang warga Batam, Dila mengaku merasakan getaran saat berada di bangunan lantai 3 salah satu perkantoran di Komplek Rezeki Graha Mas, Jl. Gajah Mada, Sungai Panas.

Baca juga: Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Pasaman Barat

"Komputernya goyang, saya ngerasa ada getaran. Kebetulan lagi ada di lantai 3," ucapnya.

Ia dan tiga orang rekannya yang lain merasakan hal yang sama. "Iya temen saya yang lain juga ngerasa ada getaran. Kami ada 4 orang saat itu," sebutnya.

Terkait getaran yang terasa di Batam, Kepala Seksi Data dan Informasi, BMKG Bandara Hang Nadim Batam, Suratman menyebutkan sangat kecil kemungkinan Batam menerima dampak getaran gempa dari Sumatera Barat.

'Kalau tentang dirasakan hingga batam sepertinya terlalu jauh dari pusat gempa, dan seandainya dirasakanpun kekuatannya sudah sangat lemah, mohon masyarakat tidak perlu panik," ucap Suratman.

Selain di Batam, getaran gempa dikabarkan juga dirasakan di Riau dan Singapura

Seperti diketahui, gempa berkekuatan magnitudo 6,2 itu terjadi pada pukul 08:39:29 WIB di Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, pusat gempa berada di 17 km timur laut Pasaman Barat, Sumbar. Episenter gempa berada pada koordinat 0.15 lintang utara dan 99.98 bujur timur.

Baca juga: Banten Diguncang Gempa Berkekuatan M 5,4

BMKG memastikan, gempa bumi dengan kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami. Namun masyarakat diimbau tetap mewaspadai potensi terjadinya gempa susulan.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," demikian peringatan yang dikeluarkan BMKG dalam situs resminya.

Beberapa menit sebelumnya, wilayah Pasaman Barat, Sumbar juga diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,2. Gempa terjadi pada pukul 08:35:51WIB.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews