Batam Tuan Rumah Pelangi Nusantara 2021

Batam Tuan Rumah Pelangi Nusantara 2021

Ilustrasi. (Foto: via Liputan6.com)

Batam - Ajang Pelangi Nusantara 2021 akan digelar 25-28 November 2021 mendatang. Kota Batam, Kepulauan Riau akan menjadi tuan rumah perhelatan ini.

Rencananya, ajang ini akan dipusatkan di Bukit Gendang, Rempang, Galang.

Kepala Dinas Personel Lanud Hang Nadim Batam, Kapten Adm Asta menyampaikan kegiatan Pelangi Nusantara merupakan event tahunan TNI Angkatan Udara sebagai bentuk konkret aksi peduli kepada masyarakat. Kegiatan berlangsung sejak tahun 2014, event pertama berlangsung di Yogyakarta.

"Pelangi Nusantara event tahunan untuk pengembangan wisatawan dirgantara sekaligus untuk pertumbuhan ekonomi," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Batamnews, Sabtu (6/11/2021).

Batam dipilih sebagai lokasi kegiatan Pelangi Nusantara karena Batam dikenal sebagai kota pariwisata. Pada tanggal 27 November nanti, akan ada peresmian Aerosport Bukit Gendang Pulau Rempang.

Ia menyebut, kegiatan ini akan dimeriahkan berbagai acara seperti fun fly, lomba foto, lomba layang-layang, bakti sosial, penghijauan, dan Drone exhibition. 

Untuk bakti sosial, Lanud Hang Nadim akan membagikan 2.000 paket sembako untuk masyarakat Kota Batam dan memberikan tanki water treatment kepada Pemko Batam.

Tak hanya itu, ada Batam Expo dan Fashion Show yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam. Pada kegiatan mendatang tersebut, juga akan meresmikan pusat Aero Sport Batam dan pendatanganan prasasti.

“Kegiatan tersebut bakal dihadiri Kasau (Kepala Staf TNI Angkatan Udara), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)," jelasnya.

Wisata paralayang ini akan dikembangkan dan menjadi wisata baru untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Sehingga akan memberikan efek domino bagi perekenomian Batam.

"Wisatawan yang ingin mencoba paralayang, mereka akan menginap ke hotel dulu, lapar mereka cari restoran," kata dia.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Lanud Hang Nadim Batam. Menurutnya kegiatan ini kegiatan yang unik yakni wisata berada di ketinggian.

"Luar biasa, aktivitas dirgantara yang dikemas pariwisata," ujarnya.

Wisata paralayang ini merupakan wisata baru yang menarik untuk wisatawan. Artinya dengan adanya aerosport bertambah lagi wisata Batam, selain wisata bahari, wisata belanja, ekowisata, dan sebagainya.

"Kini Batam punya wisata udara, air, darat," ucapnya.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews