Geger! Covid Jangkiti 7 Paskibraka Natuna, 59 Orang Jalani Swab dan Karantina

Geger! Covid Jangkiti 7 Paskibraka Natuna, 59 Orang Jalani Swab dan Karantina

Para anggota Paskibraka Natuna foto bersama unsur Forkopimda Kabupaten Natuna pada 17 Agutus 2021. (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews - Pasca dinyatakan 7 orang anggota Paskibraka Natuna terpapar Covid 19, Satgas Covid-19 Kabupaten Natuna langsung bergerak cepat melakukan tracing.

Hal ini disebutkan Kepala Puskesmas Ranai, Nazri kepada batamnews Jumat siang (20/8/2021).

Baca juga: 7 Paskibraka Natuna Positif Covid Usai Bertugas di HUT ke-76 RI 

"Tim puskesmas langsung melakukan test swab antigen terhadap orang-orang yang diduga telah berkontak dengan anggota dan panitia Paskibraka Natuna." Ujar Nazri.

Diketahui, selain 7 anggota Paskibraka, 2 orang panitia juga dilaporkan positif dari hasil tes swab antigen. 

“Kita telah lakukan tes swab antigen terhadap 59 orang, alhamdulillah hasilnya negatif,” ungkap Nazri.

Adapun mereka yang diambil sample swabnya, sebut Nazri,  adalah orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi Covid-19. 

Dalam kasus ini, Tim puskesmas Ranai mengambil sample seluruh anggota Paskibraka Natuna, pegawai Dispora Natuna, serta panitia lainnya.

“Bagi mereka yang kontak erat dengan anggota Paskibraka Positif itu, meskipun hasil swabnya negatif, dilakukan isolasi dulu selama 5 hari. Nanti setelah 5 hari kita lakukan test lagi,” lanjut Nazri.

Baca juga: 5 Warga Positif Covid saat Testing Massal di Karimun 

Sebelumnya diberitakan, 7 orang dari 33 anggota Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Kabupaten Natuna dan 2 panitia, dinyatakan terkonfirmasi Covid-19. Hal ini setelah mereka menjalani tes swab antigan dan PCR.

Mereka juga baru saja menyelesaikan tugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara HUT ke-76 kemerdekaan RI, Selasa 17 Agustus 2021, di halaman gedung daerah Kabupaten Natuna.

Para anggota Paskibraka yang positif tersebut mengalami gejala seperti demam, batuk dan flu.

(Yan)