Pfizer dan Moderna Naikkan Banderol Vaksin Covid-19, Segini Harga Per Dosis

Pfizer dan Moderna Naikkan Banderol Vaksin Covid-19, Segini Harga Per Dosis

Ilustrasi.

New York - Produsen Pfizer dan Moderna telah menaikkan harga vaksin Covid-19 dalam kontrak untuk pasokan bagi negara-negara Uni Eropa.

Laporan Financial Times pada Minggu (1/8/2021) menyebutkan harga baru per dosis Pfizer adalah 19,50 euro atau Rp 333 ribu dari 15,50 euro atau sekira Rp 265 ribu sebelumnya, kata surat kabar itu, mengutip bagian dari kontrak yang terlihat.

Sementara harga vaksin Moderna adalah US$25,50 atau sekira Rp 436 ribu per dosis, naik dari sekitar 19 euro atau Rp 425 ribu dalam kesepakatan pengadaan pertama.

Kendati demikian, harga tersebut tetapi lebih rendah dari yang disepakati sebelumnya US$28,50 atau sekira Rp 488 ribu karena pesanan telah bertambah, kata laporan itu, mengutip salah satu sumber resmi yang dekat dengan masalah ini.

Pfizer menolak mengomentari kontrak dengan Komisi Eropa, dengan alasan kerahasiaan. 

"Di luar kontrak yang disunting yang diterbitkan oleh EC, kontennya tetap rahasia dan jadi kami tidak akan berkomentar," kata perusahaan itu.

Moderna tidak segera memberikan komentar kepada Reuters.

Komisi Eropa mengatakan pada hari Selasa bahwa Uni Eropa berada di jalur untuk mencapai target vaksinasi penuh setidaknya 70 persen dari populasi orang dewasa pada akhir musim panas.

Pada bulan Mei, Uni Eropa mengatakan mereka mengharapkan untuk menerima lebih dari satu miliar dosis vaksin pada akhir September dari empat pembuat obat.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews