17 Atase Pertahanan Negara Sahabat Kunjungi Batam

17 Atase Pertahanan Negara Sahabat Kunjungi Batam

Atase Pertahanan dari 17 negara berpose di depan KN Tanjung Datu-301 milik Bakamla RI di Pelabuhan Batu Ampar Batam. (Foto: Reza/batamnews)

Batam, Batamnews - Sebanyak 17 Atase Pertahanan Negara Sahabat berkunjung ke Batam, Kepulauan Riau dalam acara Defence Attaches Tour (DAT), Kamis (24/6/2021).

Bakamla RI menyambut kedatangan para atase pertahanan ini di atas Kapal Negara (KN) Tanjung Datu-301 yang sedang bersandar di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam.

Mereka disambut langsung oleh Kepala Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto dan ritual adat tari makan sirih khas daerah Provinsi Kepulauan Riau.

Kunjungan para Atase Pertahanan Negara Sahabat diatas KN Tanjung Datu-301 diisi dengan berbagai kegiatan. 

Dalam kunjungan ini, para atase pertahanan diajak berlayar dengan rute Pelabuhan Batu Ampar menuju Selat Riau, kemudian Pulau Nipa dan kembali Pelabuhan Batu Ampar.

Sambil berlayar, di atas helideck para tamu dipertontonkan video safety briefing KN Tanjung Datu-301, profil Bakamla RI, dan profil kegiatan KN Tanjung Datu-301. 

Para tamu dibagi dua kelompok untuk diajak tur kapal dengan rute ruang kesehatan, long room, ruang amunisi, anjungan, geladak senjata, geladak isyarat, ruang gym, ruang dapur, ruang makan bintara, ruang makan perwira, ruang kelas dan perpustakaan.

Laksma Bakamla Hadi Pranoto dalam sambutannya mengatakan kedatangan 17 Atase Pertahanan Negara Sahabat di wilayah kerja Kantor Kamla Zona Maritim Barat merupakan suatu kebanggaan.

"Saat ini, kita berada di atas KN Tanjung Datu-301, kapal terbesar karya anak bangsa yang dimiliki Bakamla RI," kata Hadi Pranoto.

Ia menjelaskan, KN Tanjung Datu-301 mulai diproduksi tahun 2015 oleh salah satu galangan di Batam dan mulai bergabung dengan jajaran kapal patroli diwilayah zona Maritim Barat pada tahun 2018. 

Kapal ini memiliki dimensi panjang 110 meter, lebar 15.5 meter memiliki kecepatan maksimal 18 knot dengan kemampuan jelajah 2500 NM.

Ketua Perkumpulan Atase Pertahanan Negara Sahabat Kolonel Sven Meic dari Perancis mewakili seluruh tamu undangan dalam sambutannya mengatakan terima kasih sudah dapat bergabung dalam kegiatan Joy Sailing yang diselenggarakan Bakamla RI dan Kementerian Pertahanan.

"Kegiatan hari ini merupakan kegiatan terakhir DAT, dimana pada hari sebelumnya kami boleh diperkenalkan industri Pertahanan Indonesia yang ada di Kota Batam," kata Meic.

Lanjutnya, ia sangat mengapresiasi kondisi kapal yang sangat bersih dan cukup terbilang besar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews