Disdik Batam: Selama Ramadan Pelajar Kelas 1-3 SD Belajar Online

Disdik Batam: Selama Ramadan Pelajar Kelas 1-3 SD Belajar Online

Belajar online. (Foto: ilustrasi/iStock)

Batam, Batamnews - Proses belajar bagi kelas 1-3 tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Batam selama Ramadan kembali dilakukan secara online (daring). Sementara untuk kelas 4-6 SD, SMP dan SMA tetap belajar tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) masih tetap berjalan, walaupun kasus Covid-19 saat ini dilaporkan mengalami peningkatan.

"Jadi untuk SD tatap muka hanya kelas 4,5 dan 6 saja yang tatap muka. Itupun bagi sekolah yang sudah mendapatkan izin memenuhi syarat PTM,"  ujar Hendri, Jumat (23/4/2021).

Sementara untuk pembelajaran tingkah Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih tetap melangsungkan PTM sebagaimana mestinya. 

Hendri mengatakan sampai saat ini belum ada kasus Covid-19 yang berasal dari klaster sekolah. Sehingga pemberlakuan PTM masih tetap dilakukan.  

"Saya mohon di keluarga peserta didik dan guru untuk mematuhi protokol kesehatan yang ketat juga. Karena sejauh ini (penularan) yang terjadi sering dari klaster keluarga," katanya. 

Untuk libur awal Ramadan 1442 H dilakukan 12-13 April 2021, dan pesantren Ramadan telah dilaksanakan pada 14-17 April 2021. 

Sementara itu, libur sebelum dan sesudah Idul Fitri dan cuti bersama dari 10 hingga 22 Mei 2021. Namun hal itu menyesuaikan dengan ketentuan terbaru dari pemerintah. 

Pada pelaksanaan pesantre Ramadan lalu, Hendri menjelaskan bahwa kegiatannya dilaksanakan secara daring. 

"Teknis dan bentuk kegiatan pesantren dibuat oleh satuan pendidikan, misalnya membuat kesimpulan dari menonton ceramah Ramadan di televisi atau pendidikan kecakapan hidup," katanya.

Pesantren Ramadan hanya boleh dilakukan di dalam kelas sesuai dengan panduan PTM. Tidak dibenarkan dilakukan di lapangan ataupun musala untuk mengindari kerumunan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews