Wisatawan Singapura Batal ke Lagoi Bintan

Wisatawan Singapura Batal ke Lagoi Bintan

Kawasan pariwisata Lagoi di Bintan, Kepulauan Riau.

Tanjungpinang, Batamnews - Pembukaan akses kunjungan wisatawan mancanegara dari Singapura menuju Kepulauan Riau lewat program gelembung perjalanan (travel bubble) dipastikan batal.

Lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah wilayah Kepulauan Riau, membuat rencana kunjungan wisman kawasan wisata Lagoi, Bintan dan Nongsa, Batam harus ditunda.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad menyampaikan penundaan pembukaan kunjungan wisman ini dalam beberapa bulan ke depan.

"O iya mungkin bakal tertunda, Penundaan bisa sampai Mei atau Agustus mendatang," kata Ansar di Tanjungpinang, Jumat (16/4/2021). 

Ia mengungkapkan ketergantungan pariwisata Kepri terhadap negara tetangga itu. Pembukaan travel bubble tergantung pada hasil negosiasi dengan Singapura. 

"Kita juga harus mampu menyakinkan pihak Singapura gitu, sehingga akan benar-benar yakin dan percaya," ujarnya. 

Sebelumnya, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata, Kurleni Ukar mengatakan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau telah menyiapkan beberapa tanggal untuk memulai kembali perjalanan Bintan Lagoi hingga Singapura.

Tak hanya tanggal 21 April 2021, namun juga tanggal 1 Mei atau bahkan 1 Juni diusulkan ke pemerintah pusat.

"Gubernur Kepri sudah mengusulkan diberlakukannya Travel Corridor Arrangement kawasan Bintan Lagoi mulai 21 April 2021. Namun, masih mempertimbangkan apakah vaksinasi bisa dilakukan, (apakah) Covid-19 terkendali, dan respon dari pemerintah Singapura," katanya dikutip Channel News Asia.

"Mereka menyiapkan beberapa skenario, yakni (buka kembali) pada 21 April lalu 1 Mei, atau 1 Juni 2021," imbuhnya.

(sut)