Nestapa Veteran Tanjungpinang, Patungan Rp10 Ribu Biaya Pemakaman Anggota

Nestapa Veteran Tanjungpinang, Patungan Rp10 Ribu Biaya Pemakaman Anggota

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Tanjungpinang, Darwono. (Foto: Afriadi/Batamnews)

Tanjungpinang - Para veteran di Kota Tanjungpinang mengeluh. Bantuan dari pemerintah daerah yang biasanya didapat organisasi pensiunan ini, tak lagi mengalir.

 

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Tanjungpinang, Darwono berkesah dengan kondisi itu. Mereka mengaku kesulitan.

Pembiayaan kepentingan organisasi dan mengurusi para anggota veteran yang sudah masuk lanjut usia tak mencukupi. "Hanya tahun 2020 sampai saat ini. Sejak wali kota saat ini tak dapat," katanya, Kamis (4/3/2021).

Ia pun merasa veteran seperti dianggap sebelah mata. Anggaran hibah untuk organisasi veteran dipangkas habis. Bisa jadi hal ini bagian dari rasionalisasi anggaran akibat pandemi.

"Mulai wali kota yang baru, saya November lalu sudah menghadap. Tapi tak ada kejelasan, disuruh menghadap pemerintahan, Kesra, Bansos dan sebagainya, tidak pernah dapat bantuan," bebernya.

Semenjak tak lagi mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota Tanjungpinang, kini anggota veteran berjumlah 130 orang itu terpaksa iuran Rp 10 ribu perbulan.

Ia menjelaskan, uang iuran anggota itu  untuk memenuhi kebutuhan operasional hingga mengurusi pemakaman bagi anggota yang meninggal dunia.

"Kok sampai hati Wali Kota tidak mendukung kita, bantu untuk pemakaman anggota kita saja tidak bisa. Bahkan kita satu orang mengumpulkan Rp 10 ribu untuk biaya pemakaman," tegasnya.

Dirinya juga membandingkan dengan Kabupaten Kota lainnya di Provinsi Kepri. Seperti di Karimun yang selalu mensejahterakan veteran walaupun dalam kondisi pandemi.

"Tanjung Balai tidak melihat Covid-19, karena dalam surat sudah ada, untuk mendukung veteran, apapun yang terjadi," ungkapnya.

 

Wartawan Galang Dana Bantu Veteran

Melihat kondisi miris itu, sejumlah jurnalis di Tanjungpinang berinisiatif menggalang dana. Uang yang terkumpul disumbangkan ke Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Tanjungpinang, Kamis (4/3/2021).

 

Sumbangan diberikan komunitas jurnalis di Tanjungpinang.

Aksi sosial ini dilakukan setidaknya bisa membantu dan meringankan beban anggota LVRI. Apalagi jasa para veteran di masa perjuangan untuk merebut kemerdekaan, tentunya tak ternilai harganya.

Salah seorang perwakilan wartawan, Albet mengatakan aksi sosial tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap para mantan pejuang yang berdomisili di Tanjungpinang.

"Kita menghargai jasa pahlawan yang telah rela berkorban nyawa demi Indonesia," sebutnya.

Albert berharap pemerintah daerah ikut peduli untuk meringankan beban hidup para pejuang dan memperhatikan kesejahteraan veteran.

"Hati kita terpanggil melihat saat ini para orang tua kita kesulitan dalam pembiayaan, karena mereka tak lagi mendapatkan dana dari pemerintah," ucapnya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) LVRI Tanjungpinang, Darwono mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian wartawan terhadap veteran di Tanjungpinang.

"Kami tidak menyudutkan pimpinan (pemerintah), tapi seharusnya yang bantu kami adalah pemerintah," ucapnya.

Darwono, Mantan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Dabo ini pun mengaku sedih dan kecewa.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews