Timnas Indonesia U-16 dan U-19 Batal Tampil di Piala Asia

Skuad Timnas U-19 Indonesia saat menjalani Pemusatan latihan (TC) di Spanyol. (Foto: Media PSSI)

Jakarta - Timnas Indonesia U-16 dan U-19 akhirnya batal berlaga di Piala Asia yang sedianya digelar pada 2021 ini. AFC secara resmi telah membatalkan Piala Asia U-16 dan U-19 yang seharusnya digelar di Uzbekistan dan Bahrain.

Surat secara resmi sudah dikirimkan AFC kepada PSSI, memberitahu apa alasan pembatalan dua event tersebut. Pandemi virus corona (Covid-19) yang masih berlangsung di seluruh belahan dunia jadi faktor utamanya.

Bukan cuma Piala Asia U-16 dan U-19, yang dibatalkan oleh AFC. Kompetisi yang baru, termasuk sepakbola wanita, pantai, dan futsal, harus dibatalkan pula.

Terkait penyelenggaraan Piala Asia U-16 dan U-19, formatnya nanti akan diubah dan diselenggarakan pada 2023.

Piala Asia U-16 akan menjadi U-17 kategorinya. Sementara, Piala Asia U-19 naik sebagai U-20. Tuan rumah masih diberikan kepada Uzbekistan dan Bahrain.

Format baru juga akan diberlakukan untuk Liga Champions Asia musim 2021. Fase grup nantinya bakal digelar dengan format sentralisasi atau home tournament.

Tuan rumah nantinya ditentukan lewat proses bidding dan undangannya akan disebar pada 27 Januari 2021, usai undian grup.

(ruz)