Pengusaha Air Mineral Geser Jack Ma Jadi Orang Terkaya di China

Pengusaha Air Mineral Geser Jack Ma Jadi Orang Terkaya di China

Miliarder asal China, Zhong Shanshan. (Foto: Dok nongfuspring.com)

Jakarta - Pengusaha air mineral kemasan Zhong Shanshan menjadi orang terkaya di China, menggeser Jack Ma dan Ma Huateng.

Kekayaannya bertambah US$5,4 miliar atau setara Rp75,6 triliun (kurs Rp14 ribu per dolar AS) berkat lonjakan harga saham Nongfu Spring yang melantai di bursa Hong Kong sejak September 2020.

Melansir Forbes, ia kini menduduki kursi orang paling tajir ke-6 dunia dengan kekayaan bersih senilai US$92,1 miliar atau Rp1.289,4 triliun.

Berdasarkan catatan Forbes, nilai saham Nongfu Spring meningkat tiga kali lipat selama 4 bulan terakhir.

Menurut prospektus penawarannya, Zhong memiliki 84,4 persen dari perusahaan raksasa tersebut; ia dan kerabat istrinya memiliki tambahan 6,2 persen saham, dan 63 investor lainnya, terutama karyawan dan konsultan afiliasi memiliki 6 persen secara kolektif.

Meskipun perusahaan mencantumkan Zhong hanya memiliki 14 persen dari total kepemilikan publik. Pada kenyataannya, publik hanya memiliki 3,5 persen dari total saham.

Padahal, dalam prospektus tersebut menyatakan bahwa "Secara umum, paling sedikit 25 persen dari total modal saham yang ditempatkan emiten harus dimiliki oleh publik".

Menanggapi hal ini, perusahaan mengatakan telah memperoleh pengecualian dari persyaratan itu sebelum melantai di pasar modal Hong Kong.

Tak hanya menyalip taipan China, Zhong juga kini dinyatakan lebih kaya dari Mukesh Ambani, pengusaha asal India yang bulan lalu masih memegang tonggak orang terkaya di Asia.

Ambani memiliki kekayaan bersih sebesar US$76 miliar, turun menjadi orang terkaya ke-10 dunia pada peringkat real time Forbes.

Zhong, seperti taipan China ternama lainnya harus berjuang keras, ia berasal dari keluarga miskin dan putus sekolah sejak SD. Dia kemudian bekerja di bidang konstruksi dan juga pernah bekerja sebagai reporter di salah satu surat kabar.

Menambah rentetan pengalamannya, Zhong juga pernah menjadi agen penjual minuman. Baru lah kemudian ia mendirikan perusahaan pendahulu Nongfu di kampung halamannya, Hangzhou, pada 1996.

Perusahaan tersebut, yang dikenal dengan air mineral kemasan, juga menjual minuman kemasan lainnya seperti teh dan jus.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews