Kompleks Implasemen Timah di Singkep Bakal Dijadikan Kampus hingga Gedung Serbaguna

Salah satu bangunan eks PT Timah di Singkep rencananya bakal dijadikan sebagai kampus Politeknik Pertanian di Kabupaten Lingga (Foto:Ist)

Lingga - Kawasan bekas pusat perkantoran PT. Timah yang hampir puluhan tahun tidak terurus dan kumuh, dalam kurun waktu setahun ini berubah wujud setelah dilakukan rehabilitasi secara besar-besaran.

Selain akan digunakan sebagai kampus Politeknik Pertanian, bangunan-bangunan yang ada di kompleks tersebut juga bisa dimanfaatkan masyarakat tak ubah seperti gedung serbaguna yang dapat dijadikan lokasi senam, pernikahan dan lain sebagainya.

Saat ini saja, Implasemen Timah yang telah dipercantik tersebut, digunakan sebagai lokasi tempat berkumpul warga untuk berolahraga di pagi dan sore hari.

Sementara terkait proses rehabilitasi dan pematangan lokasi atau peningkatan infrastruktur yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Lingga, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Komunikasi Pimpinan, Fikrizal mengaku saat ini pekerjaan terus dilakukan.

“Pekerjaan rehabilitasi bangunan di lokasi eks Implasemen Timah terus dilakukan. Setelah siap nanti akan di fungsikan kampus Politeknik Pertanian dan juga kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya," kata Fikrizal, kemarin.

"Hal ini tentunya tergantung rencana Pemerintah Kabupaten Lingga ke depan, bisa untuk apa saja. Maka dari itu di lokasi ini direhab total dan dipercantik dengan segala kelengkapan fasilitas nanti,” lanjut Fikrizal.

Baca: Neko Bakal Lanjutkan Pembangunan Perguruan Tinggi di Lingga

Di lokasi ini juga, Pemkab Lingga juga mempunyai rencana besar dalam meningkatkan SDM di bidang pendidikan. Seperti yang dilontarkan Calon Wakil Bupati Lingga, Neko Wesha Pawelloy saat masih menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD Lingga.

“Nanti di lokasi ini akan dilanjutkan pembangunan kampus politeknik, saat ini izin-izinya sudah diurus untuk mendapatkan legalitas. Kalau ini jadi, anak-anak kita tidak perlu biaya besar lagi untuk kuliah,” ujarnya.

Kawasan yang sempat diresmikan oleh Kepala Staf Presiden Moeldoko tersebut, sebelumnya diberi nama sebagai kawasan Dabo Bussines Centre atau pusat kawasan bisnis.

Namun melihat antusias masyarakat terhadap kawasan tersebut setelah dibangun, tercetuslah ide Bupati Lingga Alias Wello mendirikan salah satu politeknik dikawasan tersebut.

“Mungkin pada akhir tahun ini sudah diresmikan, karena bangunannya juga sudah selesai saya lihat kemarin,” ujar Alias Wello yang kini mencalonkan diri menjadi Bupati Bintan itu.

(ruz)